JAKARTA, CIANJUR EKSPRES - Literasi keuangan harus terus didorong untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan keuangan formal.
Konsisten melakukan edukasi keuangan melalui Penyuluh Digital, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dinobatkan sebagai “Bank Teraktif dalam Meningkatkan Literasi Keuangan Masyarakat” pada ajang LPS Banking Awards 2022.
BACA JUGA:Unggul Dalam Pemberdayaan UMKM, BRI Sabet Dua Penghargaan BI Awards 2022
Pada malam penganugerahan yang diselenggarakan di Jakarta (29/11), Direktur Jaringan dan Layanan BRI Andrijanto mengungkapkan bahwa sebagai bank dengan jaringan terluas di Indonesia, BRI senantiasa untuk mendukung pemerintah mencapai target 90% inklusi keuangan pada 2024.
Perseroan terus mengoptimalisasi peran penyuluh digital untuk mendampingi masyarakat mengakses berbagai layanan keuangan.
BACA JUGA:Cegah Kemacetan, Polres Cianjur Terapkan Rekayasa Lalulintas
“Capaian ini merupakan bukti kerja keras Insan BRILiaN (Pekerja BRI) yang telah berdedikasi tinggi mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat Indonesia. Edukasi literasi keuangan ini menjadi bagian dari upaya kami mencapai visi sebagai Champion of Financial Inclusion pada 2025,” terangnya.
BRI menjadikan pekerjanya sebagai penyuluh digital yang setidaknya mengemban tiga tugas utama.
BACA JUGA:Korban Meninggal Dunia akibat Gempa Cianjur Bertambah Menjadi 331 Orang
Pertama, mengajak dan mengedukasi masyarakat yang belum melek layanan perbankan digital sehingga lebih digital savvy, seperti bisa membuka rekening secara digital.
Kedua, mengajari masyarakat untuk melakukan transaksi secara digital. Adapun yang ketiga yakni mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat mengenai cara mengamankan data pribadi dan data perbankan agar terhindar dari tindak kejahatan digital.
BACA JUGA:Kediri Dholo KOM Challenge 2022 Hadirkan 300 Cyclist dari 83 Kota
Lebih lanjut, Andrijanto menambahkan bahwa BRI terus berinovasi untuk menghadirkan layanan yang mudah diakses oleh masyarakat.
Digitalisasi pun diperkuat, diantaranya melalui layanan Super Apps Digital Banking BRImo, aplikasi pengajuan fasilitas dan layanan kredit BRISPOT, laku pandai Agen BRILink, hingga aplikasi BRIAPI yang memungkinkan terintegrasi dengan aplikasi pihak ketiga.