Minat Sekolah di Madrasah Meningkat, Kakan Kemenag Cianjur: Prioritaskan Kualitas Ketimbang Kuantitas

Minggu 04-08-2024,12:46 WIB
Reporter : Dede Sandi Mulyadi
Editor : Dede Sandi Mulyadi

CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kabupaten Cianjur Ramlan Rustandi mengatakan pihaknya lebih mengutamakan kualitas ketimbang kuantitas dalam penerimaan siswa baru madrasah.

Meski begitu, Ramlan menyebutkan animo masyarakat menyekolahkan anak-anaknya ke madrasah pada tahun ajaran 2024/2025 mengalami peningkatan. 

"Secara keseluruhan (penerimaan siswa baru) madrasah merangkak naik dan meningkat," kata Ramlan kepada Cianjur Ekspres usai melaksanakan rapat evaluasi penyelenggaran ibadah haji Kabupaten Cianjur di Hotel Sangga Buana, Rabu 31 Juli 2024.

BACA JUGA:Kemenag Cianjur Sebut Pernikahan di Bawah Umur Menurun

Ramlan menuturkan, sebelumnya pihaknya selalu menekankan kepada para kepala sekolah dan guru-guru agar memprioritaskan kualitas ketimbang kuantitas dan membentuk siswa yang memiliki karakter akhlak karimah dan jujur.

"Kalau pintar dan cerdas, itu bisa mengikuti. Jadi karakter akhlak karimah, jujur dan ikhlas, itu yang kita kedepankan sehingga menjadi magnet minat para orang tua untuk menyekolahkan anak-anaknya ke madrasah ," tuturnya.

Affan menambahkan, pihaknya tidak ingin terjebak dalam opini PPDB dan lainnya, namun lebih memprioritaskan kualitas daripada kuantitas.

BACA JUGA:Kemenag Alokasikan Gaji Honorer 30 Persen dari Bos Madrasah

"Indikator untuk meningkatkan kualitas siswa diantaranya dengan cara hafalan ayat alquran, hafalan hadist, dan lainnya. Itu yang menjadi komitmen kita untuk meningkatkan kualitas siswa madrasah," ungkapnya.

Kategori :