Dinkes Cianjur: Pola Penyakit Sudah Bergeser dari Penyakit Menular ke Penyakit tidak Menular

Jumat 09-08-2024,09:30 WIB
Reporter : Dede Sandi Mulyadi
Editor : Dede Sandi Mulyadi

CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID  - Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Cianjur, Yusman Faisal, mengungkapkan saat ini pola penyakit sudah bergeser dari penyakit menular ke penyakit tidak menular, seperti hipertensi, diabetes, stroke, jantung, dan gagal ginjal.

"Kalau sudah menjadi penyakit tidak menular, maka cost-nya atau biaya pengobatannya akan lebih tinggi, sehingga kita cegah sedini mungkin dengan mendorong masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas kesehatan untuk melakukan pencegahan lebih awal, seperti kegiatan Pekan Kesehatan ini," kata Yusman disela-sela kegiatan Pekan Kesehatan tingkat Kabupaten Cianjur Tahun 2024 yang dipusatkan di Desa Ciherang, Kecamatan Karangtengah,Kabupaten Cianjur, kepada wartawan, Rabu 7 Agustus 2024.

Yusman menjelaskan, mengenai pelaksanaan Pekan Kesehatan di Desa Ciherang, Kecamatan Karangtengah, merupakan puncak acara Pekan Kesehatan dalam rangka Hari jadi Kabupaten Cianjur ke-347, yang dilaksanakan selama satu minggu.  

BACA JUGA:Puncak Peringatan Harganas Tingkat Cianjur, Optimalkan Peran Keluarga dalam Pencegahan Stunting

"Pekan kesehatan diselenggarakan oleh insan kesehatan baik pemerintah maupun swasta untuk masyarakat Kabupaten Cianjur," jelasnya.

Kegiatan Pekan Kesehatan, kata Yusman, adalah untuk mempromosikan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan menampilkan senam sehat, senam massal dan talkshow tentang kesehatan serta memberikan pelayanan kesehatan.

Adapun kegiatan pelayanan kesehatan seperti cek kesehatan (sekas), pelayanan gigi mulut, pemeriksaan fisioterapi, pemeriksaan telinga, khitanan massal, pemeriksaan USG, PKG dan lain-lain.

BACA JUGA:Tingkatkan SDM, BKAD Cianjur Gelar Penguatan, Perencanaan dan Penatausahaan BMD

"Selain mengenalkan PHBS, semua pelayanan kesehatan tersebut untuk mengidentifikasi secara dini penyakit yang diderita warga, sehingga akan lebih mudah untuk diobati," kata Yusman.

Sementara itu, Bupati Cianjur, Herman Suherman ikut menghadiri Pekan Kesehatan dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Cianjur ke-347 yang dipusatkan di Desa Ciherang.

"Kegiatan Pekan Kesehatan bukan hanya dilaksanakan di Desa Ciherang, Karangtengah, namun dilaksanakan di 47 kecamatan, yang berlangsung selama satu minggu," kata Bupati.

BACA JUGA:Optimalkan Pengelolaan, Ratusan Rumah di Desa Sukatani Cianjur Teraliri Air Bersih

"Mudah-mudahan dengan kegiatan seperti ini, masyarakat bisa semakin sehat," harapnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekda Kabupaten Cianjur, Cecep S Alamsyah, pimpinan OPD, organisasi profesi, Forkopimcam Karangtengah, tenaga medis dan masyarakat.

Kategori :