Triwulan Ketiga, Realisasi Pajak Daerah Cianjur Capai 80 Persen

Selasa 08-10-2024,19:00 WIB
Reporter : Dede Sandi Mulyadi
Editor : Dede Sandi Mulyadi

CIANJUR,CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Cianjur mencatat  realisasi pajak daerah hingga triwulan ketiga mencapai 80 persen atau Rp222 miliar, akumulasi dari seluruh sektor pajak.

Sekretaris Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Cianjur, Ardian Athoilah menjelaskan, capaian penerimaan tertinggi sampai saat ini yaitu di sektor pajak bumi dan bangunan (PBB) yang sudah mencapai 94 persen atau sebesar Rp55 miliar dari target sebesar Rp58,7 milyar.

"Sementara untuk yang paling rendah penerimaannya dari BPHTB baru terealisasi Rp45 miliar atau 70 persen dari target sebesar Rp64,5 milyar," jelas Ardian kepada Cianjur Ekspres, Selasa 8 Oktober 2024. 

"Karena memang biasanya transaksi tanah bangunan BPHTB itu kebanyakan di akhir tahun, tapi secara akumulatif kita optimis di pertengahan Desember 2024 akan tercapai sesuai dengan rencana penerimaan tahun anggaran 2024 yaitu sebesar Rp278 milyar," sambungnya. 

BACA JUGA:Polres Cianjur Tangkap Tiga Pencuri Spesialis Sarang Burung Walet

BACA JUGA:Diduga Nyambi Jualan Sabu, Sat Resnarkoba Polres Cianjur Tangkap Oknum Nelayan

Menurut Ardian, walaupun pada awal tahun kita akan menghadapi Pileg, dan sekarang di akhir tahun akan menghadapi Pilkada, penerimaan pajak tidak akan terganggu karena pajak membiayai kebutuhan-kebutuhan pembiayaan di daerah, misalnya program pembangunan masyarakat.

"Karena tugas Bapenda mengamankan penerimaan pajak daerah khususnya, dan pajak asli daerah pada umumnya. Mudah-mudahan tetap terjaga dan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat," ungkapnya.

Kategori :