Aktifkan Gedung Cianjur Creative Center Lewat Pelatihan

Selasa 15-10-2024,09:00 WIB
Reporter : Dede Sandi Mulyadi
Editor : Dede Sandi Mulyadi

CIANJUR,CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID - Smiling West Java (SWJ) Academy 2024 Kabupaten Cianjur bersama Cianjur Craft menggelar pelatihan kriya buket bunga di Gedung Cianjur Creative Center (CCC), Senin 14 Oktober 2024.

Kegiatan yang diikuti oleh sejumlah anak muda tersebut digelar sebagai upaya menghidupkan Gedung Cianjur Creative Center yang dipandang terbengkalai.

Staf Gedung Cianjur Creative Center, Ramadhan Abdul Hakim mengatakan, pemerintah melalui komite telah menjalin komunikasi dengan berbagai pelaku kreatif dan komunitas agar menghidupkan gedung tersebut.

"Walaupun dengan fasilitas seadanya, kita tetap berniat merangkul para pegiat kreatif dan komunitas agar bisa mengisi terlebih dulu sambil mengenalkan gedung ini kembali," katanya.

BACA JUGA:Jalan Tol Sukabumi-Ciranjang dan Ciranjang Padalarang Dibangun 2025?

BACA JUGA:Tugu Botol Kecap di Puncak Dibangun Kembali, Tingginya Capai 12 Meter

Ramadhan menyampaikan, upaya ini dilakukan untuk menepis anggapan bahwa Gedung Cianjur Creative Center terbengkalai.

"Branding di luar mengatakan gedung ini terbengkalai, ada juga yang menyayangkan kondisinya. Dengan hadirnya teman-teman kreatif, kita berusaha menepis dugaan itu, meskipun dengan kondisi alakadarnya," ujar Ramadhan.

Salah satu komunitas yang bersinergi memanfaatkan gedung tersebut adalah Cianjur Craft. Dalam rangkaian kegiatan SWJ Academy 2024, Cianjur Craft mengajak anak muda mengembangkan kreativitas dan menambah skill baru.

Owner Cianjur Craft, Nurul Ramadina menyampaikan pihaknya menargetkan anak muda ikut dalam pelatihan kriya buket bunga, yang bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran bahwa dari kerajinan pun kita tetap bisa makan.

BACA JUGA:Dua Pencuri Gabah di Karangtengah Cianjur Dibekuk Polisi

BACA JUGA:Melanggar, Bapenda Cianjur Tertibkan Ratusan Banner dan Spanduk

"Tujuannya untuk menumbuhkan kesadaran gen-z serta anak muda lain agar melek dunia bisnis atau usaha. Hingga mereka bisa memulai semuda mungkin agar nanti di usia matang sudah ada bekal," kata Nurul.

Nurul memandang bahwa di zaman sekarang pekerjaan tidak sebatas bekerja kantoran. Mereka yang terjun ke dunia kreatif pun tetap bisa mencari penghasilan.

Kategori :