Cuaca Ekstrem, Bupati Cianjur Imbau Waspada Bencana

Senin 31-10-2022,09:48 WIB
Reporter : Moch Nursidin
Editor : Herry Febriyanto

CIANJUR, CIANJUR EKSPRES - Bupati Cianjur, Herman Suherman mengimbau masyarakat untuk selalu waspada terhadap bencana alam yang terjadi di lingkungan sekitar. Pasalnya, cuaca di kabupaten Cianjur saat ini sedang tidak mendukung.

Herman mengungkapkan, setiap ada bencana, secara otomatis pihaknya selalu menerapkan siaga bencana.

“Otomatis setiap ada bencana kita selalu menerapkan siaga bencana, karena itu darurat. Dan langsung ditangani oleh dinas terkait, terutama BPBD melalui dana BTT. Kita langsung tangani, tangani, dan tangani,” kata Herman kepada wartawan, kemarin (30/10).

BACA JUGA:Kapan akan Rekrut Anggota PPK? Ini Kata Ketua KPU Cianjur

Selain itu, Herman juga mengimbau kepada masyarakat agar selalu hati-hati dan waspada. Pasalnya, saat ini cuaca sedang tidak menentu, serta diprediksi bulan ini hujan sangat tinggi.

“Saya mengimbau kepada masyarakat, baik yang dipinggir sungai, pinggir lereng, maupun di pegunungan, dan di pinggir laut untuk selalu hati-hati dan waspada,” imbuhnya.

Karena, lanjut Herman, seperti di Kecamatan Cidaun, tiba-tiba, tidak ada apa-apa longsor. Karena mungkin akibat dari air itu serapannya banyak, dan juga tanahnya sudah belah akhirnya menunggu waktu longsor.

BACA JUGA:Oktober Pilu, Tragedi Kanjuruhan dan Itaewon, Shin Tae Yong Berduka?

Herman juga berpesan agar setiap ada bencana segera membuat laporan agar bisa segera ditangani.

“Kami ada lima orang Retana (Relawan Tangguh Bencana) di tiap-tiap desa, itu manfaatkan untuk informasi secepatnya. Sehingga tim kita bisa langsung turun,” ungkap Herman.

“Cepat laporan, kami ada BPBD, ada dinas sosial, OPD terkait yang 24 jam sudah disiapkan,” tambahnya. 

Kategori :