Kegiatan Kementerian PUPR Penanganan Gempa Cianjur Hari Ini

Kegiatan Kementerian PUPR Penanganan Gempa Cianjur Hari Ini

ILUSTRASI KONSTRUKSI: Konstruksi hunian tetap rumah anti gempa yang dibangun Kementerian PUPR di area relokasi Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, Cianjur. (Rikzan RA/Cianjur Ekspres)--

CIANJUR, CIANJUR EKSPRES - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan serangkaian kegiatan penanganan gempa Cianjur hari ini, Selasa (13/12/2022).

Dalam press rilis yang diterima dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terdapat enam kegiatan yang dilakukan Kementerian PUPR

BACA JUGA:Warga Terdampak Gempa Kecewa, Rumahnya Rusak Berat Terdata Rusak Sedang

Pertama, jumlah alat dan bahan yang dikerahkan 400 unit, 329 unit beroperasi, 71 unit proses distribusi.

Lalu yang kedua, perapihan timbunan longsor dan pembuatan tanggul, lanjutan Borlog BH-05, Pembuatan akses Borlog BH-3, lanjutan inclinometer titik 1 dan 2, Drainase tanah sisi kiri atas STA besar, lanjutan MC-0 dengan konsultan di zona 1, langsir/buangan tanah ke disposal, pembersihan jalan dengan watertank secara continue, lanjutan inclinometer titik-1 dan lanjutan Borlog BH-2 di zona 2, Land Clearing aspal geser dan penimbunan perapihan jalan zona 3, Survey lokasi dan pengukuran (MC-0) bersama BM dan supervisi ruas Ciherang-Saronggae, Nagrak-Salahuni dan jembatan panumbangan zona 4, Survey lokasi dan pengukuran (MC-0) bersama BM dan supervisi ruas Cipadang-Bebedahan, Jembatan Muhara/ruas Kubang-Panyusuhan zona 5.

BACA JUGA:Dinkes Cianjur Pastikan Pelayanan Cekas Tetap Berjalan, Khusus Daerah Terdampak Gempa Dilakukan Mobile

Ketiga, mobilisasi sarpras tanggap darurat dan pendistribusian air bersih ke posko/tempat pengungsian serta melanjutkan kegiatan survey lokasi dan jalan akses distribusi untuk pemasangan Hidran Umum di area terdampak yang masih terisolir. Kemudian melanjutkan proses asesmen sekolah prioritas penanganannya, dan melanjutkan pemeriksaan cepat bangunan gedung.

Keempat, melanjutkan pemasangan serta mendatangkan panel RISHA (Rumah Instan Sederhana Sehat) secara bertahap di lokasi relokasi Desa Sirnagalih Kecamatan Cilaku. 

RISHA yang sudah dipasang di Desa Sirnagalih Kecamatan Cilaku sebanyak 4 unit 100% dan 21 unit masih tahap konstruksi.

BACA JUGA:PKS Cianjur Bangun Huntara Bagi Warga Terdampak Gempa, Total ada 12 Unit

Kelima, penyusunan masterplan lokasi kedua Lahan Relokasi di Desa Mulyasari, Kecamatan Mande.

Keenam, melanjutkan Pekerjaan Galian Pondasi, Pasangan Batu Kali, Pasangan Struktur Huntap, Pemasangan Rangka Atap dan Penutup Atap di huntap Sinargalih.(*)

Sumber: