Hunian Hotel di Cianjur Menjelang Tahun Baru Capai 40 Persen

Hunian Hotel di Cianjur Menjelang Tahun Baru Capai 40 Persen

ILUSTRASI TINGKAT HUNIAN: Salah satu hotel di kawasan Puncak Cipanas Le Eminence Hotel Puncak Ciloto Cipanas menjadi salah satu tempat yang selalu padat pengunjung.(istimewa)--

CIANJUR, CIANJUR EKSPRES - Memasuki libur Natal dan malam Tahun Baru 2023 tingkat hunian hotel di wilayah Kabupaten Cianjur baru mencapai 40 persen. 

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Cianjur Nano Indrapraja, mengatakan, berdasarkan laporan dari sejumlah hotel dan restoran di wilayah Cianjur, tingkat hunian atau pemesanan hotel hingga saat ini baru mencapai 40 persen. 

BACA JUGA:Perbaikan Ratusan Sekolah Rusak Akibat Gempa di Cianjur Ditangani Langsung Kementerian PUPR

"Pasca gempa bumi kemarin sedikit ada pengaruh dengan tingkat hunian hotel yang ada di wilayah Kabupaten Cianjur," katanya kepada wartawan, Minggu (25/12). 

Nano mengatakan, jika pihaknya masih menunggu surat edaran dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur terkait dengan aturan di masa libur Natal dan malam Tahun Baru. 

BACA JUGA:Silmy Karim Ditunjuk Sebagai Dirjen Imigrasi

"Sebenarnya kita sudah mencuri star lebih dulu dari Pemkab Cianjur. PHRI Cianjur meminta agar para mengelola lebih memiliki empati terhadap korban gempa bumi, agar tidak terlalu euforia saat mengelar acara pada libur Natal dan Tahun Baru ini," ucapnya. 

Menurutnya, setiap hotel yang ada di Cianjur dipastikah telah memiliki jalur penyelamat. Sehingga apabila terjadi gempa bumi susulan atau kebakaran pengunjung dapat mengikuti rambu tersebut. 

BACA JUGA:Dulang Rezeki Dari Daur Ulang Sampah, BRI Bantu Usaha Mikro di Jayapura

"Semua hotel termasuk restoran di wajibkan memiliki rambu evakuasi penyelamat. Dan hotel yang ada di Cianjur sudah dipastikan memiliki rambu-rambu jalur evakuasi," kata dia.

Sementara itu Manager Marcom Le Eminence Hotel Puncak Ciloto, M. Rizki Sutrisna mengatakan, H - 5 malam pergantian tahun sudah mulai terlihat yang memesan kamar hotel. 

"Untuk tingkat keterisian kamar di malam tahun baru nanti kamar hampir full," katanya.

Sumber: