Ribuan Peserta Ikuti Seleksi PPS di Cianjur

Ribuan Peserta Ikuti Seleksi PPS di Cianjur

SELEKSI : ribuan perserta ikuti tes tertulis calon PPS yang digelar KPU Cianjur--

CIANJUR, CIANJUR EKSPRES - Sebanyak 3.220 orang mengikuti seleksi calon panitia pemungutan suara (PPS). Nantinya dari ribuan peserta tersebut akan dipilih tiga orang untuk setiap desa di Cianjur.

Komisioner Wakil Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Cianjur Rutisman menyebutkan, berdasarkan aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hoc (Siakba) ada sebanyak 4.305 calon pendaftar PPS, sedangkan penerimaan berkas mencapai 3.286 orang. 

BACA JUGA:Cuaca Ekstrem, BPBD Cianjur Imbau Nelayan dan Warga Pantai Waspada

"Dari sebanyak 3.286 calon PPS tersebut yang lolos seleksi admistrasi mencapai 3.220 orang. Saat ini ribuan calon PPS tersebut tengah melaksanakan test tertulis," kata Rustiman, Senin (9/1).

Dia mengatakan, pelaksanaan tahapan test tertulis tersebut, akan dilakukan selama enam hari, terhitung mulai Senin (9/1) hingga Sabtu (14/1).

"Pelaksaan test tersebut dilakukan hampir setiap kecamatan masing-masing calon PPS. Namun ada juga dua kecamatan dilakukan di satu kecamatan," paparnya. 

BACA JUGA:Wabup Cianjur: Saya Salut Apdesi Telah Banyak Membantu Korban Gempa

Menurutnya, sebanyak 3.220 calon PPS yang mengikuti test tertulis tersebut memakai metode Computer Assisted Test (CAT) dengan materi yang sama dengan proses seleksi Panitia Pemilhan Kecamatan (PPK). "Mereka harus menjawab sebanyak 75 soal, dengan waktu 90 menit," ujarnya. 

Setelah pelaksanaan test tertulis sebanyak 3.220 calon PSS tersebut, selanjutnya akan mejalani tahap wawancara pada Rabu (18/1) sampai Minggu (22/1). 

"KPU nantinya akan menetapkan sebanyak 1.080 orang sebagai anggota PPS, sesuai dengan kebutuhan 3 orang per desa se Kabupaten Cianjur," jelasnya.

Sumber: