Ridwan Kamil Sebut 9 Proyek Pembangunan di Tasikmalaya, Salah Satunya Tol Cigatas

Ridwan Kamil Sebut 9 Proyek Pembangunan di Tasikmalaya, Salah Satunya Tol Cigatas

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil usai meresmikan Alun-alun Singaparna di Kabupaten Tasikmalaya.(sumedangekspres.com)--

SUMEDANG, CIANJUREKSPRES - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, menyebut terdapat 9 proyek pembangunan infrastruktur di Kabupaten Tasikmalaya digarap pada 2023. Salah satunya Jalan Tol Cigatas (Cileunyi-Garut-Tasikmalaya). 

Hal tersebut diutarakan Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil usai meresmikan Alun-alun Singaparna di Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu (14/1). 

BACA JUGA:Komitmen Realisasikan Jalan Beton di Desa Pakuon Cianjur, Budhy Setiawan: Sangat Diperlukan Masyarakat

"Tidak hanya Singaparna yang dibeginikan, kami akan membangun juga Alun-alun Ciawi dan Alun-alun Cikatomas," katanya yang menyebut kadeudeuh (kasih sayang) dari Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat.

Disisi lain, Kang Emil menyebut pembangunan Jembatan Cisepet sudah konkrit pada 2023 ini. "Rp 15 Miliar langsung dibangun," katanya. 

Selanjutnya, Pantai Karangnunggal juga akan dilakukan penataan. "Biar jadi pantai terbaik se-Jawa Barat. Tahun ini, Januari ini segera dilelang, untuk ditata menjadi sebuah tempat yang maslahat untuk pariwisata," tutur Ridwan Kamil. 

BACA JUGA:Gubernur Jabar Ridwan Kamil Resmikan Alun-alun Singaparna

Lalu, ada dua rumah sakit yang akan dibangun berlokasi di Karangnunggal dan rumah sakit di Ciawi. "Kita upayakan dalam  bentuk KPBU (Kerjasama Pemerintah Dengan Badan Usaha), ada dana swastanya," ungkap Ridwan Kamil. 

Bahkan tahun ini, kata Ridwan Kamil, juga akan dibangun Gedung Pemuda. "Nah pemuda-pemuda biar bangga punya gedung tempat nongkrong yang positif, Rp5 Miliar kita berikan untuk membangun Gedung Pemuda," ucapnya.

Kemudian Pasar dan Terminal Padakembang menjadi target pembangunan Gubernur Jawa Barat tahun ini. "Tahun ini kita upayakan," sebutnya.

BACA JUGA:Cerita Perempuan Banyuwangi Jadi AgenBRILink dengan Omset Ciamik

Termasuk Jalan Tol Cigatas, lanjut Ridwan Kamil yang mengatakan sebagai jalan tol terpanjang di Jawa Barat dan termahal di Indonesia. Dari Bandung sampai Cilacap melewati Garut, Tasikmalaya,  Ciamis, Banjar dan Pangandaran.

"Jadi ibu, engke lamun sono ka Bandung,  jus, ngan 40 atau 50 menit, moal dua jam tilu jam deui. (Ibu kalau kangen ke Bandung mau belanja, melesat hanya 40 atau 50 menit saja sudah sampai, tidak akan makan waktu dua jam atau tiga jam lagi). Mohon doa nya," ujar Ridwan Kamil.

Bahkan soal jalan Tol Cigatas, dirinya mengatakan, sudah melakukan lobi kepada kementerian atas nama Kabupaten Tasikmalaya.

Sumber: sumedangekspres.com