Imbas Berubahnya Dapil pada Pemilu 2024, Ramai-ramai Reposisi Bacaleg

Imbas Berubahnya Dapil pada Pemilu 2024, Ramai-ramai Reposisi Bacaleg

Ilustrasi (pixabay) --

CIANJUR, CIANJUREKSPRES - Sejumlah partai politik di Kabupaten Cianjur, menanggapi beragam terkait perubahan daerah pemilihan (dapil) dari awalnya lima menjadi enam pada Pemilu 2024 berdasarkan PKPU Nomor 6 Tahun 2023. Selain menerima perubahan tersebut, mereka akan merubah strategi dengan melakukan reposisi bakal calon legislatif (bacaleg).

Seperti yang diutarakan Sekretaris DPC Partai Demokrat Kabupaten Cianjur, Hadi Sutrisno. Dirinya mengatakan, Partai Demokrat sudah siap dengan lima maupun enam dapil. 

BACA JUGA:Miring 30 Derajat, Kondisi Jembatan Leuwi Keris Campakamulya Memprihatinkan

Menurutnya dengan enam dapil tersebut, Partai Demokrat memiliki peluang untuk semakin lebih meningkatkan perolehan suara karena memiliki target dua kursi per dapil. 

"Kalau kemarin kita targetnya 10 kursi, dengan enam dapil seperti ini target dua kursi per dapil berarti 12 kursi," katanya kepada Cianjur Ekspres, Rabu (8/2). 

Hadi mengatakan, pihaknya memiliki keyakinan Partai Demokrat bisa dan enam dapil tidak ada masalah. 

"Jadi kita juga akan mereposisi para bacalegnya dan kita segera akan memanggil semua bacalegnya dan melakukan interview dan kita juga akan melakukan fit and proper test kepada semua bacaleg untuk kesiapan berjuang mendapatkan suara di dapil masing-masing," katanya.

BACA JUGA:Pembangunan 200 Unit RISHA di Sirnagalih Cilaku Rampung, PUPR Sudah Siapkan Dokumen untuk Serah Terima Aset

Pun demikian dengan Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Cianjur, Susilawati yang mengatakan, akan ada penyesuaian karena sudah melakukan pembagian wilayah yang menjadi daerah binaan masing-masing. "Kalau kondisinya seperti ini, berarti ada perubahan di internal juga," katanya. 

Susi pun memastikan akan ada reposisi. "Kalau kemarinkan sudah terbagi habis, kalau sekarangkan beda lagi, dapil ini, dapil ini segala macam. Misalkan dapil satu, jadi tiga kecamatan, kemudian dapil dua misalnya dari Warungkondang tidak bergabung dengan wilayah dua Cugenang, sekarangkan ada," ucapnya.

Menurut Susi, pihaknya mempersiapkan penempatan orang atau bacaleg berdasarkan dapil sebelumnya yakni lima dapil. "Dan di pengajuan ke KPU-nya juga, kami PDI Perjuangan mengusulkannya dapilnya seperti kemarin (lima dapil, red). Kita mempersiapkannya dapil kemarin aja gitu, intinya," katanya. 

Sedangkan, Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Cianjur, RK Dadan Suryanegara, mengatakan, pihaknya menerima perubahan dapil tersebut jika memang berdasarkan hasil kesepakatan bersama.

"Tapi kalau misalkan memang itu adalah hasil keputusan bersama, ya kita siap, bismillah," katanya. 

BACA JUGA:Mantap, PLN Catat Kenaikan Penjualan Listrik 6,17 Persen Tahun 2022

Sumber: