MUI Cianjur:Jaga Toleransi di Bulan Suci Ramadan

MUI Cianjur:Jaga Toleransi di Bulan Suci Ramadan

Ketua MUI Kabupaten Cianjur, KH Abdul Rauf.--

CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID,CIANJUR - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Cianjur, mengimbau kepada masyarakat agar meningkatkan keimanan dan ketakwaan di bulan suci Ramadan.

Selain itu, MUI Kabupaten Cianjur telah mengeluarkan surat imbauan kepada masyarakat umat muslim dan non muslim agar menjaga toleransi di bulan suci Ramadan.

Ketua MUI Kabupaten Cianjur, KH Abdul Rauf, mengatakan, seminggu yang lalu MUI Kabupaten Cianjur, sudah mengeluarkan surat imbauan atau seruan kepada masyarakat khususnya umat Islam termasuk non muslim untuk menjaga toleransi.

BACA JUGA:Selesai Diperbaiki, Bupati Klaten Resmikan Dua Puskesmas yang Rusak Akibat Gempa Cianjur

"Mari kita sambut kegiatan Ramadan ini dengan mempersiapkan diri untuk melaksanakan ibadah saum dan amal ibadah lainnya di bulan Ramadan," katanya kepada Cianjur Ekspres, saat dihubungi melalui sambungan telepon seluler, Senin 11 Maret 2024. 

Dia mengungkapkan, sebelumnya, pihak MUI telah melakukan komunikasi dengan Bupati Cianjur Herman Suherman, Kapolres Cianjur AKBP Aszhari Kurniawan dan instansi lainnya agar bersinergi agar sirtuasi dan kondisi selalu kondusif terutama di bulan suci Ramadan.

BACA JUGA:Jembatan Gantung Leuwi Munding Kini Berdiri Kokoh

"Kalau MUI kan sifatnya hanya bisa mengimbau, imbauan untuk melakukan atau tidak melakukan," ujarnya.

Menurutnya, MUI hanya bisa mengimbau dan tidak bisa melakukan tindakan ketika ada pelanggaran-pelanggaran, sehingga perlu ada sinergitas antara MUI dan pemerintah kabupaten serta aparat kepolisian. 

"MUI bersama Pak Bupati sebagai pemerintah dan polisi sebagai penegak hukum, kemudian Kementerian Agama (Kemenag) sebagai lembaga negara, memiliki kewajiban melalui perannya masing-masing dalam menjaga situasi dan kondisi agar tetap kondusif," ungkapnya.

Sumber: