Polres Cianjur Prediksi Puncak Arus Balik Terjadi Pada Malam Ini

Polres Cianjur Prediksi Puncak Arus Balik Terjadi Pada Malam Ini

Polres Cianjur berlakukan sistem one way menuju Bogor dari arah Cianjur saat arus balik lebaran 2024. (Foto: Rikzan RA/CIANJUR EKSPRES)--

CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID,CIANJUR - Polres Cianjur memprediksi puncak arus balik Lebaran 2024 terjadi pada Sabtu dan Minggu, 14 April 2024 ini. Mengikuti Polres Bogor, pihaknya memberlakukan rekayasa satu arah (one way) dari Bogor ke Cianjur sejak 06.00 WIB.

Hal itu sempat membuat ekor antrian kendaraan dari Puncak Pass hingga RSUD Cimacan atau sekitar enam kilometer.

Kasat Lantas Polres Cianjur AKP Anjar Maulana mengungkapkan, rekayasa one way yang diberlakukan pada Minggu kemarin tidak begitu lama dibandingkan hari sebelumnya.

BACA JUGA:Libur Lebaran 2024, 50 Ribu Wisatawan Kunjungi Cianjur

Pantauan Cianjur Ekspres dari Jalur Puncak, mobil pendorong akhirnya melintas dari Bogor ke arah Cianjur pada pukul 13.00 WIB. Hal itu sekaligus menandakan pemberlakuan one way arah sebaliknya yakni dari arah Cianjur ke Bogor.

“Hari sebelumnya one way arah Cianjur ke Bogor itu sekitar pukul 15.30 WIB, hari ini cenderung lebih cepat,” ungkap Anjar di Pos Jabar 9, Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas.

Meskipun sempat ramai lancar, sekitar satu jam setelahnya terjadi tumpukan kendaraan di Puncak Pass hingga Pos Cepu 2 Ciloto atau sekitar satu kilometer yang diduga disebabkan oleh tersendatnya lalu lintas di kawasan Bogor.

BACA JUGA:Dibuka Kembali, Tol Bocimi Bisa Digunakan Masyarakat

“Antrian yang terjadi di Puncak Pass akibat banyak kendaraan yang keluar dari persimpangan-persimpangan tempat wisata dan resto, juga kantong-kantong parkir di tempat wisata wilayah Bogor. Tapi kita sudah tempatkan personil khususnya di sekitar Warpat untuk mengutakan arus lalu lintas,” ungkapnya.

Kata dia, pemberlakuan one way dari Cianjur ke Bogor terus dilakukan hingga ekor kendaraan pemudik dan wisatawan yang pulang ke arah Jabodetabek habis.

“Kalau kita lihat, kendaraan didominasi kendaraan wisatawan yang liburan di kawasan Cipanas. Kita tetap pantau ekor antrian kendaraannya sampai mana dan tuntaskan,” ungkapnya.

BACA JUGA:Hari Ini, Nilai Tukar Dollar AS Tembus Rp16 Ribu

Dia mengungkapkan meskipun puncak arus balik terjadi kemarin, namun tidak menutup kemungkinan pada Senin hari ini kondisi lalu lintas tetap dipadati kendaraan.

“Karena besok (Senin) masih cuti bersama. Kemungkinan jika volume kendaraan tinggi, kita akan berlakukan hal serupa,” ujar Anjar.

Sumber: