Kemenhub Usulkan 18.017 Formasi ASN Tahun 2024

Kemenhub Usulkan 18.017 Formasi ASN Tahun 2024

Menhub Budi Karya Sumadi saat menyerahkan Izin Prinsip Formasi ASN Kementerian Perhubungan Tahun Anggaran 2024, di Kantor Kementerian PAN-RB, Kamis 18 April 2024.(dephub.go.id)--

CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID,JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengusulkan 18.017 formasi Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2024 kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN-RB). 

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengungkapkan, rinciannya 1.391 untuk formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan 16.626 untuk formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Jumlah ini sangat besar dan belum pernah terjadi sebelumnya. Oleh karenanya, saya atas nama pribadi dan Kementerian Perhubungan mengucapkan terima kasih kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang telah memberikan persetujuan atas kebutuhan pegawai ini,” ujarnya dalam acara Penyerahan Izin Prinsip Formasi ASN Kementerian Perhubungan Tahun Anggaran 2024, di Kantor Kementerian PAN-RB, Kamis 18 April 2024.

BACA JUGA:Momen Langka, Bungai Bangkai Raksasa Koleksi Kebun Raya Cibodas Mekar Sempurna, Tingginya 3,1 Meter

Budi berharap, melalui formasi ASN Tahun 2024 akan didapatkan SDM yang kompeten, profesional dan berintegritas untuk memperkuat konektivitas layanan transportasi yang berkualitas. 

"Harapan lainnya, dapat pula mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi nasional melalui peningkatan layanan transportasi," katanya.

Budi menjelaskan, bahwa dalam tiga tahun terakhir hasil rekrutmen di Kemenhub sudah sangat bagus. Dia mengatakan, Kemenhub sangat mendukung penyelesaian penataan pegawai non-ASN sesuai amanat UU Nomor 20 Tahun 2024 tentang ASN melalui usulan kebutuhan ASN tahun 2024.

BACA JUGA:Bupati Sebut Cianjur Posisi ke-13 Kasus DBD di Jabar, Dinkes Luncurkan Jumat Cantik

Lebih lanjut Budi menuturkan, bahwa dalam waktu dekat dirinya akan melakukan rapat koordinasi dengan Kepala Otorita IKN untuk membahas formasi ASN Kemenhub yang akan ditempatkan di wilayah tersebut.

"Kami berjanji akan mengatur formasi ASN yang ada dengan sangat teliti, sehingga para ASN tersebut nantinya bisa menjalankan tugasnya dengan baik sesuai keahlian yang dimiliki," katanya. 

Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas, mengatakan, bahwa rekrutmen ASN tahun ini merupakan yang terbesar dalam 10 tahun terakhir.

BACA JUGA:Pemkab Cianjur Usulkan 350 Titik Pompanisasi untuk Mengairi 3.000 Hektare Sawah Tadah Hujan

Anas memaparkan bahwa dalam pengadaan ASN tahun ini, Kementerian PAN-RB menyerahkan sepenuhnya kebutuhan formasi ASN kepada Kementerian/Lembaga, sebab Kementerian/Lembaga-lah yang paling tahu apa yang dibutuhkan.

“Harapan kami, karena Kementerian yang tahu prioritasnya, mudah-mudahan kebutuhan rencana strategis 5-25 tahun ke depan sudah diantisipasi oleh pengadaan ASN tahun ini,” katanya.

Sumber: dephub.go.id