Lima Hal Penting Sebelum Membeli Kendaraan Listrik

Lima Hal Penting Sebelum Membeli Kendaraan Listrik

Ilustrasi: pengisian baterai dari kendaran listrik Neta V. (Antara) --

CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID - Konsumen otomotif tanah air mulai menunjukkan ketertarikannya terhadap kendaraan listrik belakangan ini, ditandai dengan semakin beragamnya model dari berbagai pabrikan otomotif dunia yang tersaji di pasar lokal.

Untuk konsumen yang hendak melakukan pembelian kendaraan listrik berbasis baterai, ada baiknya memperhatikan lima hal sebelum memutuskan membeli kendaraan elektrik agar tidak salah pilih.

Dalam keterangan resmi di Jakarta, Sabtu 20 April 2024, jenama asal China NETA memberikan lima hal penting yang harus diketahui oleh calon konsumen seperti spesifikasi dan fitur pada setiap model mobil listrik akan memudahkan untuk mendapatkan sesuai keinginan dan kebutuhan: 

1. Perhatikan jarak tempuh

Faktor utama yang harus diperhatikan oleh konsumen adalah jarak tempuh dari kendaraan tersebut, yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna agar terhindar dari rasa kecemasan baterai habis di tengah jalan.

Jarakt tempuh adalah faktor utama yang harus dipertimbangkan sebelum membeli kendaraan listrik karena kebutuhan berkendara setiap orang berbeda-beda, apalagi jika  memerlukan mobil listrik untuk bepergian jauh hingga ke luar kota. 

2. Infrastruktur Aksesibilitas 

infrastruktur pengisian daya juga menjadi faktor penting sebelum membeli mobil listrik. Saat ini Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) sudah semakin tersebar di berbagai tempat sehingga mempermudah konsumen untuk mengisi daya.

3. Biaya Perawatan

Seperti kendaraan pada umumnya, mobil listrik juga memerlukan perawatan berkala supaya performa kendaraan tetap optimal dan prima. NETA menyarankan sebelum membeli, konsumen perlu menanyakan secara jelas berapa biaya perawatan berkala mobil listrik.

Kendaraan listrik cenderung memiliki biaya perawatan yang cukup terjangkau. Sejumlah pabrikan memberikan layanan perawatan berkala secara gratis dan garansi untuk komponen seperti baterai, drive motor dan motor control unit.

4. Fasilitas Pengisian Cepat yang Diberikan

Durasi pengisian daya juga termasuk faktor yang harus diperhatikan sebelum membeli mobil listrik. Pilihlah mobil listrik yang memiliki fitur DC Fast Charging agar lebih efisien waktu saat pengisian.

5. Dimensi 

Sumber: antara