20 SMP Negeri di Cianjur akan Terapkan PPDB Online

20 SMP Negeri di Cianjur akan Terapkan PPDB Online

Kepala Disdikpora Cianjur, Ruhli Solehudin.(Moch Nursidin/Cianjur Ekspres) --

CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID,CIANJUR - Sebanyak 20 sekolah menengah pertama (SMP) Negeri di Kabupaten CIANJUR akan menerapkan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online pada Tahun Ajaran 2024/2025. 

"Ada sekitar 20 sekolah (SMP, red) Negeri yang tersebar di beberapa kecamatan dijadikan pilot project," ungkap Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Raga (Disdikpora) Kabupaten Cianjur, Ruhli Solehudin kepada Cianjur Ekspres, Selasa 7 Mei 2024. 

Ruhli mengatakan, penerapan PPDB secara online di beberapa SMP Negeri sesuai arahan Bupati Cianjur bahwa harus ada inovasi. 

BACA JUGA:52 Orang Lolos Seleksi Calon Paskibraka, Dua Diantaranya Wakili Cianjur ke Jabar

"Alhamdulillah PPDB online ini, kita mendapatkan apresiasi di tingkat Jawa Barat. Makanya tahun sekarang kita akan pergunakan (PPDB online, red), Mudah-mudahan nanti bisa di semua sekolah," katanya. 

Lebih lanjut Ruhli mengatakan, pihaknya terlebih dahulu sudah melaksanakan sosialisasi kepada semua sekolah yang akan menerapkan PPDB online terkait dengan sarana dan prasarananya. 

BACA JUGA:Mepet, Bacalon Bupati Cianjur Jalur Perseorangan Kesulitan Memenuhi Syarat Pendaftaran

"Kita juga ada keterkaitan dengan OPD yang lain, misalkan dengan Dinas Sosial terkait data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) dan Disdukcapil perihal akte kelahiran," tuturnya. 

Selain online, Ruhli mengungkapkan, PPDB online di Kabupaten Cianjur juga masih menerapkan secara offline. 

"Sistem zonasi masih kita gunakan, termasuk jalur afirmasi, prestasi, dan perpindahan tugas orang tua," katanya. 

Sumber: