Kemenag Jabar Pastikan Air bersih di Asrama Haji Indramayu Tercukupi

Kemenag Jabar Pastikan Air bersih di Asrama Haji Indramayu Tercukupi

Asrama Haji Indramayu.(antara)--

CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Barat memastikan suplai air bersih di Asrama Haji Indramayu tercukupi dengan adanya pemasangan instalasi tangki berkapasitas 104 meter kubik.

 “Kami sudah meneken kontrak dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Indramayu untuk menyediakan suplai air bersih bagi calon jamaah haji di asrama ini,” kata Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Jawa Barat (Jabar) Boy Hari Novian di Indramayu, Selasa 7 Mei 2024.

 Dia menjelaskan instalasi tersebut ditempatkan pada titik strategis dengan perkiraan dapat mengisi sebanyak 26 rit air bersih untuk memenuhi kebutuhan bagi 500 sampai 600 orang per hari.

 BACA JUGA:Diskominfo Cianjur Ungkap 94 Persen Desa dan Kelurahan Sudah Terkoneksi Internet

Dengan tersedianya tangki penampung itu, kata Boy, permasalahan air di Asrama Haji Indramayu bisa teratasi, sehingga calon jamaah haji merasa nyaman saat menginap di fasilitas tersebut.

 Menurut dia, pemenuhan itu sebenarnya sudah dilakukan memakai air tanah, tetapi belum optimal karena air yang tersedia terasa payau.

 “Kami sudah memakai air tanah dengan kedalaman 80 sampai 100 meter. Tapi belum optimal, karena tingkat salinitas airnya masih tinggi. Hal ini karena Indramayu letak posisinya dekat dengan laut,” ujarnya.

Selain air bersih, ia menjamin semua fasilitas di Asrama Haji Indramayu sudah siap digunakan oleh calon jamaah haji, terutama yang kategori lansia.

“Kami berikan fasilitas khusus bagi jamaah lansia. Jamaah lansia diberikan kamar di bawah untuk memudahkan akses dan tidak perlu naik tangga atau lift,” ucapnya.

BACA JUGA:Pajero Masuk Jurang di Kecamatan Cibinong Cianjur, Pengemudi Meninggal Dunia  

Boy menyebutkan pada musim haji 2024 terdapat dua tower dengan 111 kamar yang disediakan untuk menampung sekitar 440 calon haji dalam satu kloter.

Berdasarkan data, lanjut dia, calon haji yang singgah di asrama tersebut jumlahnya mencapai 13.050 orang dan terbagi menjadi 30 kloter.

“Karena ada tambahan dari Kota dan Kabupaten Bandung yang jamaahnya diberangkatkan dari Asrama Haji Indramayu. Jadi bertambah sekitar lima kloter. Sebab pada 2023 totalnya sebanyak 25 kloter,” katanya.

Adapun kloter pertama yang singgah di Asrama Haji Indramayu dijadwalkan datang pada Sabtu (11/5). Kemudian mereka diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Bandara Kertajati pada Minggu (12/5).

Sumber: antara