Bulog Cianjur Sebut Stok Beras Aman untuk Tiga Bulan Kedepan

Bulog Cianjur Sebut Stok Beras Aman untuk Tiga Bulan Kedepan

ilustrasi beras.(pixabay)--

CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID - Persediaan stok beras di Badan Urusan Logistik (Bulog) Kabupaten Cianjur, per Kamis 6 Juni 2024 mencapai sekitar 2.300 ton. Jumlah tersebut dinilai aman karena bisa memenuhi kebutuhan warga Cianjur hingga tiga bulan kedepan.

"Stok kita ada di angka 2.300 ton, persediaan aman untuk jelang Idul Adha 1445 Hijriah bahkan sampai tiga bulan kedepan," ujar Kepala Bulog Kabupaten Cianjur Renato Horison, Kamis 6 Juni 2024. 

Dia mengungkapkan, saat ini pihaknya pun masih melakukan pengadaan beras meskipun musim panen sudah lewat. 

"Panen itu mulai April lalu, dan puncaknya terjadi Mei 2024 kemarin. Memasuki Juni ini ketersediaan beras di petani sudah mulai berkurang," ujar Renato.

BACA JUGA:Rombongan CJH JKS 58 Cianjur Diberangkatkan ke Asrama Haji Embarkasi Bekasi

Menurutnya, selama enam bulan terakhir Bulog Cianjur sendiri sudah menyerap kurang lebih 8.900 ton beras dari petani lokal asal Cianjur dan Sukabumi.

"Target kami itu bisa menyerap 10.000 ton beras dari petani lokal. Jadi sedikit lagi targetnya terpenuhi," ungkap Renato.

Dia mengatakan, dengan melimpahnya stok di Bulog dan juga efek dari panen raya pada Mei lalu, membuat harga beras di pasaran menjadi turun ke harga normal.

"Faktor supply and demand, saat ini persediaan beras itu kan melimpah, sehingga harganya turun," tutur Renato. 

Renato mengungkapkan, penurunan harga di pasar pun dipengaruhi oleh penyaluran bantuan pangan oleh Bulog. Pasalnya, untuk sekarung beras Bantuan Pangan 10 Kg bisa mengurangi masa pembelian sekitar 11 hingga 14 hari.

"Dengan bantuan pangan itu, kurang lebih 11 sampai 14 hari KPM tidak akan membeli beras di pasar. Setelah beras habis, baru mereka beli lagi. Itu sangat berpengarus terhadap harga di pasar," jelasnya. 

Selain itu, dirinya juga mengungkapkan, di Juni ini pihaknya akan menyalurkan bantuan melalui prgram Bantuan Pangan Beras 10 Kg yang terakhir dari Badan Badan Pangan Nasional (Bapanas).

Kurang lebih sebanyak 2.770.790 kilogram beras akan dibagikan pada 277.079 keluarga penerima manfaat (KPM) di Cianjur.

"Ini merupakan tahap ketiga dan terakhir untuk Bantuan Pangan Beras. Kita sudah lakukan sebelumnya di April dan Mei lalu, penugasannya cuma sampai Juni ini. Jadi tiap KPM akan mendapatkan 10 kg per bulan," ujarnya.

Sumber: