Dishut Jabar Buka Camping Ground Terbesar di Cianjur

Dishut Jabar Buka Camping Ground Terbesar di Cianjur

Ratusan warga ikut memeriahkan peluncuran kawasan wisata alam Cikanyere Camping Ground dan trek off road di area hutan di Kampung Cikanyere, Desa Pakuon, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur. (Foto: Rikzan RA/CIANJUR EKSPRES)--

CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID - Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Jawa Barat membuka peluncuran wisata alam Cikanyere Camping Ground dan Trek Off Road di area hutan di Kampung Cikanyere, Desa Pakuon, Kecamatan Sukaresmi. Camping Ground ini digadang-gadang akan menjadi yang terbesar di Indonesia, Minggu (30/6).

Pembukaan lokasi wisata hutan itu dibungkus dengan kegiatan Pasar Leuweung dengan mendatangkan ratusan pegiat UMKM di Pacet dan sekitarnya.

Kepala Dishut Provinsi Jawa Barat, Dodit Ardian Pancapana mengatakan, camping ground di Bukit Aquila, kini sudah dikelola pihak ketiga dan kini menjadi lokasi campervan juga motovan dengan luasan area sekitar 144,6 hektar.

BACA JUGA:Serangan Siber di PDNS 2 Tidak Berimbas ke Pemkab Cianjur

“Dari data, Camping Ground Bukit Aquila bisa menampung 3.000 campervan dan 5.000 motovan juga dapat diisi lebih dari 20.000 orang,” kata Dodit.

Selain itu, penyelenggaraan Pasar Leuweung dan pembukaan trek off road disebut sebagai pemanfaatan aset milik pemerintah agar bisa dimanfaatkan oleh warga Cianjur.

“Kita manfaatkan hutan seoptimal mungkin sesuai dengan fungsinya, ini agar warga sekitar juga bisa diberdayakan, karena dengan adanya Pasar Leuweung bisa mendatangkan UMKM dan masyarakat hutan,” jelasnya.

BACA JUGA:53 Kades di Cianjur Terima SK Perpanjangan Masa Jabatan Selama 2 Tahun

“Sementara trek off road ini menjadi lokasi yang sudah diagendakan oleh komunitas off road mancanegara. Hal ini juga dilakukan di Subang dan daerah lain,” sambungnya.

Saat ini, pihaknya juga sedang mengupayakan pengadaan fasilitas pendukung.

Bupati Cianjur, Herman Suherman menyebutkan pembukaan tempat wisata tersebut bisa meningkatkan perekonomian warga di sekitar Cikanyere.

BACA JUGA:Kepala Imigrasi Cianjur Dijabat Riky Afrimon

Wisata alam Cikanyere juga akan mempromosikan UMKM asli Cianjur sehingga turut meningkatkan perekonomian,” ungkapnya.

Sumber: