Universitas Suryakancana Cianjur Kirim Mahasiswa KKN ke 45 Desa

Universitas Suryakancana Cianjur Kirim Mahasiswa KKN ke 45 Desa

Sekda Cianjur Cecep Alamsyah secara resmi melepas 657 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Suryakancana (Unsur) yang akan disebar ke sembilan kecamatan, 45 desa, di Kabupaten Cianjur. (Foto: IST)--

CIANJUREKSPRES.DISWAY.IDSekda Cianjur Cecep Alamsyah secara resmi melepas 657 mahasiswa Universitas Suryakancana (Unsur) dari empat fakultas untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang bertempat di Pancaniti Pendopo Kabupaten Cianjur, pada Selasa  2 Juli 2024.

Pelaksanaan KKN Unsur yang akan berlangsung mulai 2 Juli hingga 2 Agustus 2024, diikuti mahasiswa Fakultas Hukum (FH) sebanyak 152 orang, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebanyak 173 orang, Fakultas Sains Terapan (FASTER) sebanyak 81 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) sebanyak 133 orang dan Fakultas Tehnik sebanyak 117 orang.

Para mahasiswa KKN Unsur akan disebar ke sembilan wilayah kecamatan, 45 desa, yang ada di Kabupaten Cianjur.

BACA JUGA:Mahasiswa KKN UNPI Cianjur Diminta Bantu Permasalahan Masyarakat

"Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi- tingginya pada Universitas Suryakancana  yang telah memilih Kabupaten Cianjur sebagai lokasi untuk melaksanakan KKN," ungkap Cecep dalam sambutannya dihadapan para peserta KKN dan Civitas Akademika Unsur, kemarin (02/07). 

Cecep mengatakan, kegiatan ini (KKN) bukan hanya sebagai kurikulum dari akademik tetapi juga sebagai wadah bagi para mahasiswa untuk berkontribusi langsung dalam pembangunan masyarakat, dan mengaplikasikan ilmu yang didapatkan selama di bangku perkuliahan. 

Sekda berpesan bagi para mahasiswa yang akan melaksanakan KKN agar selalu menjaga sikap dan tutur kata selama melaksanakan kegiatan KKN. "Tunjukan bahwa kalian mahasiswa yang berintegritas, disiplin dan tanggung jawab," tuturnya.

BACA JUGA:Soal Dugaan Penggelapan Dana PIP, Disdikpora Cianjur Masih Menunggu LHP Inspektorat

Selanjutnya, kata Cecep, para peserta KKN senantiasa mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan yang direncanakan, dengan cara mendengarkan aspirasi dan kebutuhan mereka serta sesuaikan program yang akan dilaksanakan dengan kondisi setempat 

Kemudian, selalu menjaga kekompakan, saling menghargai dan saling membantu diantara sesama peserta KKN, memanfaatkan ilmu yang telah dipelajari di universitas untuk menciptakan solusi yang kreatif dan inovatif.

"Tetaplah semangat dan jaga kesehatan selama melaksanakan tugas yang mulia," jelasnya. 

BACA JUGA:Kemendikbudristek Pastikan Pencairan dan Pendaftaran Baru KIP Berjalan

Cecep berharap apa yang dipelajari dan dialami selama masa Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) dapat memberi inspirasi dan terus berkontribusi untuk pembangunan komunitas, baik di sini maupun nanti di masa depan.

Sementara itu, Rektor Universitas Suryakancana (Unsur) Dwidja Priyatno mengatakan, KKN merupakan jadwal akademik yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa Unsur Cianjur.  Melalui KKN diharapkan bisa membangun komunikasi dengan warga dan ikut membangun desa agar menjadi lebih baik.

Sumber: