Cireks Academy Gelar Pelatihan Jurnalistik Bagi Pelajar dan Mahasiswa

Cireks Academy Gelar Pelatihan Jurnalistik Bagi Pelajar dan Mahasiswa

Cireks Academy menggelar pelatiha jurnalistik yang diikuti puluhan pelajar dan mahasiswa, Sabtu (6/7/2024).(Dok/Cianjur Ekspres) --

CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID - Cireks Academy mengadakan pelatihan jurnalistik, content writer, dan content creator secara gratis bagi puluhan pelajar dan mahasiswa dari berbagai sekolah dan perguruan tinggi di Cianjur.

Kegiatan itu dilaksanakan di Kantor Harian Umum (HU) Cianjur Ekspres, Jalan Raya Bandung, Ruko Grand Cianjur, Desa Sabandar, Kecamatan Karangtengah.

Pelatihan jurnalistik sendiri diberikan dalam empat kali pertemuan di tiap akhir pekan pada Juli 2024, dimulai sejak Sabtu, 6 Juli 2024 sekitar pukul 09.00 WIB.

BACA JUGA:Sekda Herman Suryatman Dorong LO Bekerja Cepat dan Progresif

General Manager (GM) sekaligus Pemimpin Redaksi Cianjur Ekspres, Herry Febriyanto mengungkapkan, Cireks Academy merupakan bagian lain dari Cianjur Ekspres Grup. Pembinaan dan pengembangan kualitas jurnalistik merupakan fokus utama. 

"Berdiri pada 2021, kami akan menggelar berbagai kegiatan,  seperti serial pelatihan jurnalistik, media, dan komunikasi, riset,  penerbitan, serial video dan podcast, diskusi, seminar hingga festival,  serta pengembangan jejaring berbagai elemen," katanya. 

Dijelaskannya, berbagi pengalaman selama menjadi pekerja media menjadi metode  yang akan disampaikan kepada peserta. Sehingga peserta secara tidak langsung akan merasakan pengalaman menjadi seorang  pekerja media. 

BACA JUGA:Hasil Pemeriksaan 2023, Koperasi Tirta Dharma Bersemi Perumdam Tirta Mukti Cianjur Raih Predikat Sehat

"Pengajar kami mengelaborasi pengalaman menulis dan kebutuhan setiap peserta, sehingga proses pembelajaran berjalan efektif," papar Herry. 

Herry juga mengungkapkan, Cireks Academy memberikan materi mulai dari tata cara penulisan karya jurnalistik baik teori dan praktik, hingga kode etik jurnalistik (KEJ).

“Agar peserta pelatihan Cireks Academy bisa membuat karya jurnalistiknya sendiri dan bisa mempublikasikan tulisannya maupun karya lainnya seperti konten video karena sudah memenuhi kaidah jurnalistik,” ungkapnya.

"Kami menyelenggarakan beragam pelatihan menulis jurnalistik,  komunikasi, dan media. Pelatihan ini terbuka bagi siapa pun yang ingin meningkatkan keterampilan," imbuhnya. 

Peserta dari Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Azhary Cianjur, Siti Khodijah mengatakan, jika pelatihan yang diadakan Cireks Academy merupakan wadah bagi pemuda baik pelajar maupun mahasiswa untuk mengetahui ilmu jurnalistik.

“Ini merupakan kesempatan yang luar biasa,” ujar Siti usai pembukaan pelatihan jurnalistik.

Sumber: