Forum GTKHNK Cianjur Harap 3.066 Guru Honorer Lulus Passing Grade PPPK 2023 Diangkat Tahun Ini

Forum GTKHNK Cianjur Harap 3.066 Guru Honorer Lulus Passing Grade PPPK 2023 Diangkat Tahun Ini

Ratusan perwakilan guru honorer yang lulus passing grade seleksi P3K Tahun 2023 bertemu Bupati Cianjur di Taman Pancaniti Pendopo Cianjur, Senin 22 Juli 2024.(Herry Febriyanto/Cianjur Ekspres) --

CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID - Forum Guru dan Tenaga Kependidikan Honorer Non Kategori (GTKHNK) Kabupaten Cianjur, berharap sebanyak 3.066 guru honorer yang lulus passing grade saat seleksi 2023 segera diangkat menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru 2024. 

Sebagai bentuk kekompakan, sekitar 350 guru honorer perwakilan dari 32 kecamatan bersama pengurus Forum GTKHNK Kabupaten Cianjur, bertemu dengan Bupati Cianjur Herman Suherman dan Kepala Disdikpora Kabupaten Cianjur, Ruhli Solehudin di Taman Pancaniti Pendopo Cianjur, Senin 22 Juli 2024. 

Dalam pertemuan tersebut, ratusan guru honorer yang hadir mengenakan kaos bertuliskan 'Guru Honorer Status P'. 

BACA JUGA:Dukung Akses Sanitasi Aman Bagi Masyarakat, CCEP Indonesia Mulai Program Safe Water Gardens di Karawang

Koordinator sekaligus Dewan Penasehat Forum GTKHNK Kabupaten Cianjur, Abdurohman Santoso, menjelaskan, kaos bertuliskan 'Guru Honorer Status P' yang dikenakan mengibaratkan sudah ada tempat tapi tidak langsung ditempatkan atau ditugaskan karena tidak adanya formasi. 

"Jadi seolah-olah kita parkir dulu, harapan kami 2024 kita bisa tuntas bersama-sama, tidak ada satupun yang tinggal," katanya kepada wartawan. 

Intinya, tegas Abdurohman, pihaknya menginginkan sebanyak 3.066 guru honorer yang sudah mengikuti tes pada Tahun 2023 diangkat pada Tahun 2024. "Silaturahmi ini bukan agenda pertama, mungkin yang keempat," ucapnya. 

BACA JUGA:BRI Raih Penghargaan Best Risk Management di CNN Indonesia Awards

Menurutnya, formasinya saat ini sudah muncul di Kemendikbudristek dan KemenPAN-RB dengan kuota 3.066 orang. Abdurohman mengatakan, pihaknya ikut mengawal dan mungkin kuota tersebut terlihat dari hasil audiensi pertama pada Januari 2024 dengan Pemda, Disdikpora dan BKPSDM yang setelah itu keluar surat yang diputuskan Bupati Cianjur melalui BKPSDM. 

"Dan surat itu dikawal dengan kami di bulan April, alhamdulillah hingga saat ini tidak ada perubahan kuota 3.066. Semoga kuota 3.066 itu terisi oleh kami," harapnya. 

Lebih lanjut dirinya mengungkapkan, sebanyak 3.066 orang guru honorer statusnya sudah lulus passing grade. "Cuma kami di 2023 tidak mendapatkan formasi karena terbatas hanya 843 orang yang mana itu telah dilantik dan di SK kan pada bulan April 2024. Jadi ini sisa yang kemarin sebenarnya lulus 2023," tutur Abdurohman. 

Sementara itu Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengatakan, bahwa para guru honorer yang bertemu dengannya merupakan perwakilan dari 3.066 orang guru honorer yang sudah ikut tes. 

"Mereka setidaknya berharap bisa diangkat di tahun ini, saya pun mendorong kepada pemerintah pusat khususnya kementerian pendidikan, mereka ini sudah lama bekerja jadi honorer di Cianjur," katanya kepada wartawan. 

"Kalau melihat perjuangannya, Kabupaten Cianjur yang medannya sangat jauh sebagainya, saya berharap untuk segera ada pengangkatan dan tentunya tidak membebani anggaran dari Pemerintah Kabupaten Cianjur," sambung Herman. 

Sumber: