Menparekraf: "IHTEF 2024" Buka Ruang B2B Interactive Business Matching Bagi Pelaku Pariwisata

Menparekraf:

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.(Kemenparekraf.go.id) --

CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyebutkan kehadiran "The 2nd Indonesia Health Tourism Exchange Forum 2024" menjadi ruang B2B Interactive Business Matching bagi pelaku industri pariwisata khususnya yang bergerak di bidang wellness.

Menparekraf Sandiaga dalam acara Indonesia Health Tourism Exchange Forum 2024, di Pullman Hotel Jakarta Central Park, Jumat 2 Agustus 2024, mengatakan, wellness tourism merupakan bagian dari ekosistem wellness economy, dengan personal care dan beauty sebagai kontributor terbesar. Secara global menghasilkan 435,7 miliar dolar AS pada 2020 dan diproyeksikan mencapai 1.127 miliar dolar AS pada 2025 dengan CAGR 20,9 persen.

Pada tahun 2023, "The Global Wellness Economy: Indonesia" melaporkan bahwa pasar wellness Indonesia tumbuh pesat dalam beberapa tahun terakhir, dengan nilai mencapai Rp400 triliun pada tahun 2022.

"Sehingga IHTEF ini dapat menjadi momentum penting untuk memperkuat posisi Indonesia sebagai The Epicentrum of Global Wellness Tourism Destination," kata Sandiaga.

BACA JUGA:Electric Karting Race 2024, Bey Machmudin: Keamanan Kendaraan Sudah Teruji

Kehadiran IHTEF kali kedua menjadi platform yang mempertemukan 20 providers dari industri pariwisata khususnya  wellness  sehingga mereka dapat berinteraksi secara langsung dengan 40 buyers.

Adapun buyers berasal dari travel agent/tour operator, online travel agent, destination management/marketing organization, special events/events planner, insurance, akomodasi, dan digital platform.

IHTEF terbagi menjadi tiga sesi interaksi, di antaranya morning coffee, pada sesi ini para peserta dapat menjalin networking pertama di mana kedua delegasi  providers dan buyers  dapat melakukan pengenalan. Kemudian B2B interactive business matching, sesi interaksi utama yang dipimpin oleh seorang marshall, di mana providers dan buyers akan bertemu secara bergantian. Dan  networking,  providers dan buyers diberikan kesempatan tambahan bagi yang merasa masih membutuhkan informasi lanjutan.

Penyelenggaraan The 2nd IHTEF 2024 ini dilaksanakan bersamaan dengan wellness festival bertajuk "Wellfest 2024" yang didukung penuh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Indonesia. "Wellfest 2024" berlangsung di Central Park Mall Jakarta pada 2 hingga 4 Agustus 2024.

Turut mendampingi Menparekraf, Direktur Wisata Minat Khusus Kemenparekraf/Baparekraf, Itok Parikesit.

Hadir pula Group Brand Manager - PT. Mustika Ratu, Tbk, Mega Anjasmoro dan B2B Specialist - EGO Global Asia, Harry D. Nugraha.(*) 

Sumber: kemenparekraf.go.id