Disbudpar Cianjur akan Gelar Pasar Rakyat dalam Pekan Kebudayaan 2024

Disbudpar Cianjur akan Gelar Pasar Rakyat dalam Pekan Kebudayaan 2024

Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Cianjur di Jalan Aria Wiratanu Datar.--

CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Cianjur, mengagendakan pekan kebudayaan yang dikemas dalam "Pesta Rakyat" pada 12-14 Agustus 2024, di Alun-alun Cianjur.

Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Cianjur, Dika Dzikriawan, mengatakan, acara pekan kebudayaan digelar bertujuan untuk mengenalkan kembali Budaya dengan harapan dapat menjadi ajang kaderisasi masyarakat untuk lebih memperhatikan Budaya.

Dika menuturkan, acara ini dikemas secara inklusif sehingga tidak memiliki batasan segmentasi dan dapat menyentuh berbagai elemen masyarakat, khususnya di Kabupaten Cianjur.

BACA JUGA:Viral, Kucing Lucu di Alun-alun Gunung Gede Pangrango

"Inklusif itu kan segmennya di setiap sektor, jadi tidak hanya pemuda saja, ada lansia, dan perempuan," tuturnya kepada Cianjur Ekspres, Selasa 6 Agustus 2024.

Dika mengatakan, seperti pepatah mengatakan bangsa yang besar adalah bangsa yang mau menghargai budayanya. 

"Kemudian beberapa tokoh mengatakan jika ingin menghancurkan suatu bangsa hapuslah kebudayaan dan sejarahnya. Hal-hal umum yang sepertinya klise, basic, namun harus kita perhatikan," kata Dika.

BACA JUGA:Hasil Nabung, Seorang Kuli Bangunan di Cianjur Pasang Bendera Merah Putih Sepanjang 450 Meter

Dika menyampaikan, meskipun acara ini pertama kali diadakan oleh Dinas Kebudayaan, tetapi dia berharap acara tersebut dapat berjalan lancar dan diberikan kemudahan.

Selain itu, lanjut Dika, pihaknya juga akan terbuka kepada setiap kritik dan saran yang diberikan sebagai bahan evaluasi.

"Mudah-mudahan event nanti menjadi pemantik agar kebudayan ini menjadi salah satu unit yang tidak luput dari perhatian. Menjadi poros utama dalam pembangunan seperti yang disampaikan oleh Bapperida Cianjur," tutupnya.

Sumber: