Ribuan Kendaraan Terjebak Macet Hingga Belasan Kilometer di Jalur Puncak

Ribuan Kendaraan Terjebak Macet Hingga Belasan Kilometer di Jalur Puncak

Ribuan kendaraan terjebak macet parah di kasawan Puncak, Kabupaten Cianjur, pada libur akhir pekan dan libur maulid nabi.--

CIANJUR,CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID - Ribuan kendaraan roda empat terjebak kemacetan hingga belasan kilometer di Ruas Jalan Raya Cipanas-Puncak, Kabupaten Cianjur, pada libur akhir pekan dan libur Maulid Nabi Muhammad SAW, Minggu 15 September 2024.

Pantauan Cianjur Ekspres, kepadatan arus lalu lintas dari arah Cianjur menuju Puncak Bogor mulai terjadi sejak Minggu (15/9) sore.

Bahkan hingga pukul 22:00 WIB malam, ekor kemacetan mencapai ruas jalan Ciherang atau tepatnya di Kampung Cibereum, Kecamatan Cugenang. 

Sementara, arah sebaliknya yakni dari arah Puncak Bogor menuju Cianjur ramai lancar, antrian kendaraan hanya terjadi dibeberapa titik akibat adanya sejumlah kendaraan yang mencoba melawan arah dan keluar masuk dari sejumlah tempat wisata, hotel dan restoran. 

BACA JUGA:Bupati Cianjur Minta PMR jadi Ajang Pelatihan Kepekaan Sosial Siswa

BACA JUGA:Dinas Perdagangan Pacitan Tiru SRG Kabupaten Cianjur

Hingga Senin (16/9) pagi, sekitar pukul 07:00, kemacetan di Ruas Jalan Raya Cipanas menuju kawasan Puncak masih terpantau padat. Kendaraan terutama mobil hanya bisa melaju sejauh 10 meter setiap setengah jam.

Sementara itu, dari arah Bogor menuju Cianjur juga mengalami kemacetan cukup panjang akibat kendaraan ke arah Bogor yang melambung ke lajur kanan sehingga menutup akses jalan dari arah berlawanan.

Wisatawan asal Jakarta, Natania (24) mengaku terpaksa tidur di dalam kendaraan akibat terjebak macet parah sekitar pukul 18.00 WIB.  

"Saya tidak menyangka harus tidur di mobil hingga Senin pagi setelah berwisata dari Cibodas. Mau putar arah juga sulit, karena arah ke bawah juga macet," katanya.

BACA JUGA:Ribuan Siswa di Cianjur Ikuti Pelatihan dan Pelantikan PMR Tingkat Madya dan Wira

BACA JUGA:Hendak Memadamkan Kebakaran, Truk Damkar Terjungkal di Peternakan Ayam Cikalongkulon

Kasatlantas Polres Cianjur AKP Anjar Maulana mengatakan volume kendaraan yang berlibur ke kawasan Puncak Bogor dan Cianjur mengalami lonjakan pada libur kali ini.

"Liburnya tiga hari dari Sabtu sampai Senin. Jadi banyak yang berlibur. Makanya volume kendaraan meningkat sehingga menyebabkan kepadatan arus lalulintas," kata Anjar.

Sumber: