Bantuan Logistik Didistribusikan untuk Korban Gempa Bumi di Garut

Bantuan Logistik Didistribusikan untuk Korban Gempa Bumi di Garut

Petugas mengangkut bantuan logistik yang siap dibagikan kepada masyarakat korban gempa bumi di Kantor Desa Padaawas, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis (19/9/2024). (Foto: ANTARA)--

GARUT,CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID - Sejumlah bantuan logistik dari pemerintah maupun yayasan yang fokus pada kepedulian sosial mulai didistribusikan untuk masyarakat yang menjadi korban bencana alam gempa bumi di Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis 19 September 2024.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut Aah Anwar Saefuloh mengatakan, bantuan sudah disiapkan dan didistribusikan untuk masyarakat yang terdampak.

"Ya, bantuan logistik sudah didistribusikan," kata Aah di posko penanggulangan bencana gempa bumi Kantor Kecamatan Pasirwangi, Kamis petang.

Ia mengatakan bantuan lain seperti dapur lapangan juga sudah disiapkan untuk memenuhi kebutuhan makan masyarakat yang mengungsi karena rumahnya rusak.

BACA JUGA:Tinjau Lokasi Terdampak Gempa, Bey: Keselamatan Warga yang Utama

BACA JUGA:Gerak Cepat Tangani Dampak Gempa di Bandung dan Garut

"Dapur lapangan juga sudah ada, disiapkan," kata Aah.

Pendistribusian bantuan logistik juga dilakukan oleh sejumlah lembaga sosial maupun personal yang diberikan ke posko kantor desa di Kecamatan Pasirwangi.

Salah satunya bantuan yang disalurkan oleh Yayasan Garut Butuh Penyegaran berupa beras, minyak goreng, alat kebersihan dan sejumlah perabotan rumah tangga lainnya untuk masyarakat terdampak gempa di Desa Padaawas.

Pendiri Yayasan Garut Butuh Penyegaran Dudung Sudiana mengatakan, bantuan yang diberikan itu sebagai bentuk kepedulian yayasan kepada masyarakat yang menjadi korban gempa bumi di Desa Padaawas, dan tahap selanjutnya juga akan diberikan kepada warga di desa lain.

BACA JUGA:Sekda Jabar Tekankan Pendekatan Humanis dan Kolaborasi untuk Sukseskan Survei Status Gizi Indonesia

BACA JUGA:18 Desa Dicanangkan sebagai Desa Ramah Pelayanan Publik , Herman: Penguatan Desa Kunci Sukses Jabar Maju

Bantuan sebanyak 100 paket itu, kata dia, setidaknya dapat meringankan beban kebutuhan hidup masyarakat di daerah terdampak bencana gempa bumi, khususnya Desa Padaawas.

"Semoga bantuan sedikit ini memberikan berkah, jadi kita ikut peduli juga, mudah-mudahan ini bisa membantu," katanya.

Daerah yang terdampak gempa bumi berkekuatan Magnitudo 5.0 yang berpusat di Bandung itu sudah mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah, provinsi maupun pusat.

Sejumlah pejabat dari Penjabat Bupati Garut Barnas Adjidin, Penjabat Gubernur Jabar Bey Machmudin, dan juga pejabat dari pemerintah pusat sudah meninjau daerah yang terdampak gempa di Garut, dan memastikan semuanya sudah ditanggulangi.

Sumber: antara