PMI Pastikan Stok Darah di Cianjur Mencukupi

PMI Pastikan Stok Darah di Cianjur Mencukupi

Ketua PMI Kabupaten Cianjur, Ahmad Fikri. (Foto: Mochamad Nursidin/CIANJUR EKSPRES)--

CIANJUR,CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cianjur pastikan stok darah hingga saat ini masih tercukupi. Kebutuhan labu darah hampir 2000 labu per bulan.

Ketua PMI Kabupaten Cianjur, Ahmad Fikri mengatakan, berdasarkan data stok darah hingga hari ini tercatat ada sekitar 150 labu darah berbagai golongan, diantaranya 50 labu untuk golongan A, 50 labu untuk golongan B, dan 50 labu untuk golongan O.

"Sementara kebutuhan labu darah per bulan mengalami peningkatan seiring bertambahnya bentuk kerja dengan dua rumah sakit," katanya kepada Cianjur Ekspres, Kamis 10 Oktober 2024.

Fikri menuturkan, PMI Kabupaten Cianjur membutuhkan labu darah hingga 2.000 labu per bulan. Untuk memaksimalkan kebutuhan ini, sejak dua tahun terakhir pihaknya terus menggencarkan kepedulian masyarakat dibantu teman-teman kecamatan.

BACA JUGA:Tolak Tempat Pembuangan Sampah, Warga Desa Cikancana Cianjur Gelar Unjuk Rasa

BACA JUGA:DPPKBP3A Jabar: Kabupaten Cianjur Layak Naik Peringkat Sebagai KLA Kategori Nindya

Jadi, lanjut Fikri, PMI Kabupaten Cianjur tidak lagi mengandalkan atau mengambil darah sampai keluar kota ntuk memenuhi kebutuhan labu darah.

"Kepedulian masyarakat untuk mendonorkan darah mengalami peningkatan hingga 25 persen," ujarnya.

Fikri mengungkapkan, stok golongan darah yang paling sulit adalah golongan AB. Oleh karenanya, kami tidak menganjurkan bagi mereka yang memiliki golongan darah AB untuk rajin donor darah. 

"Karena yang membutuhkannya jarang, tapi sekalinya membutuhkan banyak. Akhirnya yang (darah golongan) AB ini kita tahan dulu, ketika dibutuhkan baru on call," pungkasnya.

Sumber: