Bapenda Cianjur "Go to Campus" Sosialisasikan Pajak kepada Mahasiswa

Bapenda Cianjur

Bapenda Cianjur sosialisasikan pajak kepada mahasiswa dan dosen di Universitas Putra Indonesia (Unpi). (Foto: IST)--

CIANJUR,CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID- Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Cianjur sosialisasikan pajak pada mahasiswa dalam rangkaian kegiatan Bapenda Go To Campus.

Bapenda Go To Campus merupakan salah satu upaya untuk mensosialisasikan pengetahuan tentang pajak kepada mahasiswa dan kalangan akademisi. Program ini berlangsung pada Jumat (25/10) di Universitas Putra Indonesia (Unpi) Cianjur.

Sekretaris Bapenda Kabupaten Cianjur, Ardian Athoillah, menjelaskan, program Bapenda Go To Campus adalah inovasi baru dan yang pertama kali diadakan pada tahun ini dengan sasaran perguruan tinggi.

"Sebelumnya kami belum pernah berkolaborasi dengan perguruan tinggi. Program ini bertujuan untuk sosialisasi, edukasi, dan juga penerapan pengetahuan pajak. Banyak pemahaman yang bisa dibagikan serta masukan yang dapat diperoleh dari para mahasiswa dan dosen," jelas Ardian kepada Cianjur Ekspres beberapa waktu lalu.

BACA JUGA:Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Cianjur Buka Layanan Paspor Simpatik Bagi Calon Jemaah Haji

BACA JUGA:USS 2024 presented by BRImo: Kolaborasi Fashion dan Lifestyle, Dukungan BRI Dorong Kreativitas Generasi Muda

Pada kegiatan tersebut, disampaikan materi mengenai pajak daerah, retribusi daerah serta sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) tentang pajak daerah yang baru, yaitu Perda Nomor 17 Tahun 2023.

"Generasi sekarang memiliki pola pikir yang lebih kritis, termasuk dalam pemahaman soal pajak. Kami berharap mereka bisa menjadi agen yang menyebarkan informasi pajak yang bermanfaat, baik untuk diri mereka sendiri maupun kepada masyarakat luas," kata Ardian.

Ardian juga menekankan pentingnya digitalisasi perpajakan yang sejalan dengan perkembangan teknologi dan media sosial yang digunakan oleh generasi muda saat ini.

"Kami juga menyampaikan informasi sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) kami, baik dalam skala provinsi maupun kabupaten. Fokus utama adalah pengelolaan pajak daerah kabupaten," ujarnya.

BACA JUGA:Mengenal Kupedes, Produk Unggulan BRI untuk Masyarakat Menengah ke Bawah di Pedesaan

BACA JUGA:Pemdes Sukamanah Cianjur Fokus Penuntasan Pembangunan Jalan Sepanjang 2,6 Kilometer

Selain itu, masih kata Ardian, para mahasiswa juga diajak memahami mekanisme pajak, penerimaan pajak, serta pemanfaatan pajak tersebut. Ardian mengaku kegiatan ini akan memberikan perspektif baru dari kalangan mahasiswa dan dosen yang turut berdiskusi.

"Acara Bapenda Go to Campus ini memberikan wawasan baru yang ternyata tidak pernah kami pikirkan sebelumnya. Kegiatan ini bukan hanya sekadar sosialisasi, tetapi juga sebagai sarana berbagi pendapat dengan kalangan mahasiswa," pungkasnya.

Sumber: