Menpar Minta KCIC Berikan Pelayanan Optimal Pada Masyarakat Saat Mudik

Menteri Pariwisata Widiyanti Putri Wardhana meninjau stasiun kereta cepat Halim untuk melihat kesiapan yang dilakukan PT KCIC (Kereta Cepat Indonesia China) selaku operator kereta cepat Whoosh dalam melayani penumpang juga wisatawan menjelang libur Lebara--
JAKARTA,CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID - Menteri Pariwisata Widiyanti Putri Wardhana meminta PT KCIC (Kereta Cepat Indonesia China) selaku operator kereta cepat Whoosh untuk memberikan pelayanan optimal pada masyarakat yang melakukan mudik Lebaran.
"Hari ini kami melakukan peninjauan dan berharap KCIC dapat kembali memberikan pelayanan yang optimal bagi masyarakat khususnya di periode libur Lebaran," kata Widiyanti dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu 19 Maret 2025.
Dalam kunjungannya, Widiyanti mengatakan kereta cepat Whoosh telah menjadi alternatif utama transportasi masyarakat juga wisatawan dalam melakukan kunjungan ke berbagai destinasi di Jawa Barat sejak diluncurkan di tahun 2023.
Mulai dari pelaporan (check in) hingga fasilitas di ruang tunggu, ia menilai standar pelayanan dan keramahan yang diberikan petugas sudah sangat baik. Kebersihan dan keamanannya juga dapat memberikan kenyamanan bagi penumpang kereta.
BACA JUGA:Psikolog: Manfaatkan Libur Lebaran Untuk Beraktivitas Bersama Keluarga
BACA JUGA:Istirahat Berkala dan Peregangan Jaga Kebugaran Tubuh Selama Mudik
PT KCIC sebelumnya telah menetapkan masa angkutan Lebaran KCIC berlangsung selama 22 hari mulai 21 Maret hingga 11 April 2025. Selama periode ini, PT KCIC mengoperasikan 62 perjalanan reguler per harinya.
Jumlah ini meningkat 20 persen dibanding masa angkutan Lebaran PT KCIC di tahun lalu.
Dengan peningkatan jumlah perjalanan ini, kapasitas tempat duduk juga meningkat hingga 37.262, naik dari 31.252 tempat duduk per hari pada tahun lalu. Total KCIC menyediakan sebanyak 808.946 tempat duduk dalam 1.346 perjalanan Whoosh selama masa angkutan Lebaran 2025.
PT KCIC memproyeksikan jumlah penumpang Whoosh selama angkutan Lebaran akan mencapai hingga 24 ribu penumpang per hari. Jumlah ini meningkat 30 persen dibanding jumlah penumpang Whoosh di hari biasa yang berkisar 16 ribu-18 ribu per hari dan 18 ribu-21 ribu penumpang per hari di akhir pekan.
BACA JUGA:Kiat Ajarkan Anak Pahami Pentingnya Berbagi dan Hargai Perbedaan
BACA JUGA:Dokter Bagikan Persiapan Kebugaran Tubuh Sebelum Mudik
KCIC menugaskan total 530 petugas pengamanan yang tersebar di seluruh stasiun dan jalur kereta untuk memastikan keamanan dan keselamatan perjalanan Whoosh.
Petugas merupakan gabungan dari personel keamanan internal KCIC, TNI, dan Polri. KCIC juga menugaskan sebanyak 688 petugas layanan termasuk Passenger Service Mobile yang siap membantu pelayanan penumpang di stasiun-stasiun Whoosh.
Sementara dari sisi kesiapan fasilitas pendukung, KCIC juga telah melakukan pengecekan agar seluruh infrastruktur dalam kondisi baik untuk dapat dimanfaatkan penumpang.
Adapun sejumlah fasilitas layanan yang telah disiapkan di antaranya area bermain anak, ruang tunggu, ruang VIP, jalur khusus disabilitas, ruang ibu menyusui, pos kesehatan, pos pengamanan, parkir, dan lainnya yang dapat menunjang kenyamanan penumpang selama perjalanan.
BACA JUGA:Redea Institute Ajak Orang Tua Jaga Kesehatan Mental Anak Dari Rumah
BACA JUGA:Menjaga Pola Makan Sehat Selama Puasa Agar Tubuh Tetap Bugar
Sebagai bagian dari peningkatan layanan selama Ramadhan, KCIC bersama para tenant dan UMKM di Stasiun Whoosh menghadirkan berbagai promo dan diskon menarik bagi para penumpang.
KCIC juga memperpanjang masa penjualan tiket Whoosh. Kini, tiket Whoosh dapat dipesan lebih awal sejak H-25 sebelum jadwal keberangkatan sehingga masyarakat kini sudah dapat membeli tiket untuk keberangkatan April 2025, termasuk perjalanan masa libur Lebaran.
Sumber: antara