Jembatan Cimandiri Penghubung Cianjur-Sukabumi Putus, Perekonomian Warga Sempat Lumpuh

Jembatan Cimandiri Penghubung Cianjur-Sukabumi Putus, Perekonomian Warga Sempat Lumpuh

ILUSTRASI TERPUTUS: Akses jembatan Cimandiri yang menghubungkan dua kabupaten, yakni antara Desa Cimenteng, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur dan Desa Caringin, Kecamatan Geger Bitung Kabupaten Sukabumi terputus akibat terhempas arus banjir.(istimewa)--

CAMPAKA, DISWAY.ID - Jembatan Cimandiri menghubungkan Desa Cimenteng, Kecamatan CAMPAKA, Cianjur dengan Desa Caringin, Kecamatan Gegerbitung, Kabupaten Sukabumi putus. Akibatnya, perekonomian warga pun sempat lumpuh. 

Keterangan yang berhasil dihimpun, putusnya akses warga antar kabupaten tersebut berawal dari hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Campaka Kabupaten Cianjur sejak malam. 

Kondisi tersebut mengakibatkan banjir dan membuat tanah dan pondasi dinding penahan jembatan terseret arus air hingga putus.

BACA JUGA:Hadiri Rapimnas, Demokrat Jabar Usulkan AHY Maju di Pilpres 2024

"Hujan sangat deras sejak sore hingga malam, awalnya tanahnya tergerus. Namun, pas malam dini hari jembatan langsung terputus," kata Didin (46) salah seorang warga Kampung Patrol RT 02/RW 02 Desa Cimenteng, Kecamatan Campaka.

Akibatnya, jembatan yang menjadi akses satu-satunya warga sekitar terputus dan tidak bisa dilintasi kendaraan roda empat maupun dua. Bahkan, warga yang berjalan kaki pun harus memutar arah hingga beberapa kilometer.

"Ya tidak bisa melintas, karena jembatannya cukup panjang dan airnya juga deras, jadi para pejalan kaki juga harus memuter arah nyari jalan alternatif," katanya.

BACA JUGA:Hokky Caraka Cetak Hattrick, Indonesia Menang Telak 4-0 atas Timor Leste

Selain itu, akibat putusnya jembatan Cimandiri membuat perkonomian warga menjadi terhambat. "Disini kebanyakan warganya berjualan dan petani juga, tapi kalau putus begini mau gimana kita tidak bisa ikhtiar," ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur Rudi Wibowo mengatakan, pihaknya telah meninjau langsung ke lokasi dan akan segera dilakukan perbaikan.

"Kita sudah melihat langsung, memang betul jembatan itu putus. Tapi kita sudah ajukan dan akan sesegera mungkin diperbaiki," ujarnya.

BACA JUGA:Vietnam Menang Besar Kontra Hongkong di Laga Perdana Kualifikasi Piala AFC U-20

Sementara, untuk memperlancar roda perekonomian warga, pihak BPBD membuat jembatan sementara bagi warga yang ingin melintas baik dari Kabupaten Cianjur maupun Kabupaten Sukabumi.

"Kita rencana membuat dulu jembatan sementara untuk pejalan kaki dan sepeda motor untuk mempermudah warga melintas sungai Cimandiri," ungkapnya.

Sumber: