Angka Harapan Hidup Cianjur Ternyata Urutan Kedua Terendah di Jabar

Angka Harapan Hidup Cianjur Ternyata Urutan Kedua Terendah di Jabar

Ilustrasi (Pixabay)--Pixabay

CIANJUR, CIANJUR EKSPRES - Angka harapan hidup CIANJUR menempati posisi terendah kedua di Jawa Barat. CIANJUR berada di atas Kabupaten Tasikmalaya yang angka harapan hidupnya 69,47 tahun.

 

Berdasarkan data dari situs opendata.jabarprov.go.id, angka harapan hidup Cianjur berada di posisi 26 atau kedua terendah dengan rata-rata di angka 70,13 tahun.

BACA JUGA:Baru Bebas, IRT di Cianjur Kembali Jualan Sabu di Puncak Cipanas

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur Yusman Faisal, mengatakan angka harapan hidup warga Cianjur lebih rendah dari rata-rata angka harapan hidup nasional yang berada di angka 76 tahun.

 

"Angka harapan hidup Cianjur di angka 70,13 tahun. Jadi meskipun banyak yang usianya lanjut tapi angka kematian ibu dan bayi atau usia di bawahnya juga tinggi. Selain itu indeks pembangunan kesehatan masyarakat (IPKM) juga rendah, makanya angka harapan hidupnya juga hanya di 70 tahun," kata dia.

BACA JUGA:Dinkes Cianjur Sebut Satu Balita Meninggal Dunia Akibat Penyakit Difteri

Yusman mengungkapkan kasus kematian ibu dan angka kematian bayi di Cianjur juga mencapai puluhan. Pada tahun ini tercatat ibu meninggal mencapai 14 kasus dan angka kematian bayi mencapai 60 kasus. Sedangkan di tahun sebelumnya, kasus kematian ibu di angka 49 kasus dan kematian bayi di angka 178 kasus. 

BACA JUGA:Jembatan Rusak Diterjang Banjir, Warga dan Pelajar di Cianjur Seberangi Sungai dengan Rakit

"Tahun-tahun sebelumnya lebih banyak lagi AKI dan AKB-nya. Jadi kalau dibandingkan yang usia panjang dan kematian sejak bayi dan usia balita juga tinggi. Makanya angka harapan hidupnya hanya di 70 tahun," kata dia.

Sumber: