35 Gardu Terdampak Cuaca Ekstrem, PLN Terus Berupaya Perbaiki Gangguan Listrik di Cianjur Selatan

35 Gardu Terdampak Cuaca Ekstrem, PLN Terus Berupaya Perbaiki Gangguan Listrik di Cianjur Selatan

PT PLN UP3 Cianjur terus berupaya melakukan perbaikan jaringan listrik di wilayah Kecamatan Cidaun dan sekitarnya pasca hujan besar disertai angin kencang pada Sabtu (5/11) lalu. (istimewa)--

CIANJUR, CIANJUR EKSPRES - PT PLN UP3 Cianjur terus berupaya melakukan perbaikan jaringan listrik di wilayah Kecamatan Cidaun dan sekitarnya pasca hujan besar disertai angin kencang pada Sabtu (5/11) lalu. 

Gangguan listrik terjadi sejak pukul 18.45 WIB dan sampai dengan Pukul 11.52 WIB, Minggu (6/11) masih terus dilakukan upaya penormalan. 

BACA JUGA:Kerahkan PMR, PMI Dirikan Dapur Umum di Lokasi Bencana Banjir Kampung Jogjogan Cidaun Cianjur

“Sejumlah petugas operasional diturunkan untuk memulihkan kelistrikan akibat cuaca ekstrem di wilayah Cianjur,” ungkap Manager PLN UP3 Cianjur, Muhammad Hermansyah dalam keterangan tertulisnya. 

"Sampai dengan pukul 11.52 WIB siang ini, dari 35 gardu yang terdampak cuaca ekstrem, seluruhnya masih belum dioperasikan untuk keselamatan masyarakat. Total pelanggan terdampak akibat kejadian sebanyak 5.505 pelanggan masih diupayakan penanganannya mengingat lokasi masih diguyur hujan dan tanah masih labil sehingga masih sangat sulit," tambah Hermansyah menjelaskan. 

BACA JUGA:Banjir Bandang Terjang Cianjur Selatan, Fasilitas Air Bersih PDAM Terdampak, BPBD Terjunkan 22 Personel

Hermansyah mengatakan, masyarakat dapat menghubungi Contact Center PLN 123 atau memantau media sosial PLN di wilayah Jabar untuk mengetahui perkembangan daerah terdampak.

"Lokasi tersebut belum dapat dilakukan pemulihan disebabkan beberapa lokasi masih diguyur hujan deras dan susah diakses sehingga kami tetap berupaya berkoordinasi dengan aparat dan pemerintah setempat untuk proses pemulihan kelistrikan," ujarnya. 

BACA JUGA:Cianjur Dilanda Hujan Deras dan Angin Kencang, BPBD Terima 11 Laporan Bencana

Dirinya juga mengimbau agar masyarakat selalu waspada terhadap bahaya kelistrikan di musim hujan dan banjir. 

"Seperti mematikan instalasi listrik di rumah, mencabut semua peralatan elektronik dari stop kontak, dan apabila aliran listrik yang terkena air tidak padam dapat melaporkan melalui aplikasi New PLN Mobile," tandas Hermansyah.

Sumber: