BTN Ingatkan Pentingnya Literasi Keuangan untuk Pelaku Usaha

Rabu 21-08-2024,09:30 WIB
Editor : Dede Sandi Mulyadi

JAKARTA,CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID - PT Bank Tabungan Negara (BTN) mengingatkan pentingnya literasi keuangan untuk pelaku usaha dan masyarakat di Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau. 

“Kami berperan aktif dalam mendorong literasi asuransi, kredit dan perbankan di Batam, terutama untuk pelaku usaha, UMKM dan wirausaha yang memiliki toko atau warung,” kata Manager Cabang Bank BTN Batam Wahyudi Gusti Antony di Batam, Selasa 20 Agustus 2024.

BTN berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk perusahaan asuransi di Batam, untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya literasi perbankan. 

“Kami memiliki kegiatan sosialisasi seperti "Serbu Perumahan" dan "Serbu Warung" yang tidak hanya menawarkan kredit usaha rakyat, tetapi juga mengedukasi tentang pentingnya asuransi,”

BACA JUGA:Pupuk Indonesia Minta 202 Distributor Optimal Serap Pupuk Bersubsidi

BACA JUGA:Pemerintah Serap Dana Rp27 Triliun dari Lelang Tujuh Seri SUN

Tim dari Bank BTN dan perusahaan asuransi melakukan survei lokasi dan mendatangi daerah tersebut dalam upaya memberikan presentasi terhadap masyarakat setempat. 

Hal tersebut dilakukan dari hari Senin hingga Sabtu dan mencakup berbagai kalangan masyarakat. 

Ia prihatin terhadap pelaku usaha yang tertimpa musibah kebakaran atau peristiwa lainnya tanpa memiliki asuransi gedung dan dagangan. 

“Bagi penyewa, risiko barang-barang dagangan yang tidak diasuransikan menjadi tanggung jawab pribadi, jika terjadi apa-apa, mereka yang paling dirugikan dan tidak bisa klaim,” kata Antony.

BACA JUGA:Rayakan HUT ke-79 RI, BRI Hadirkan Bazaar UMKM BRILiaN Pada Gelaran BRILiaN Independence Week

BACA JUGA:Menteri Rosan Optimistis Capai Target Investasi pada 2024

Asuransi yang disediakan mencakup berbagai risiko, termasuk risiko kematian dan kebakaran. 

Antony menegaskan pentingnya literasi perbankan untuk meminimalisir risiko yang tidak diharapkan, terutama dalam kepemilikan properti.

Dengan upaya ini, BTN berharap dapat meningkatkan pemahaman masyarakat dan mendukung pertumbuhan ekonomi di Batam untuk para pengusaha ukuran mikro dan menengah. 

Kategori :