Banner Disway Award 2025

Platform E-Commerce Ini Paling Dipilih UMKM dan Brand Lokal, Riset IPSOS 2025 Ungkap Faktanya!

Platform E-Commerce Ini Paling Dipilih UMKM dan Brand Lokal, Riset IPSOS 2025 Ungkap Faktanya!

ilustrasi online shopping.(pixabay)--

Shopee 

Tingkat Partisipasi Ramadan: 94%

Dampak Kampanye Ramadan: 93%

Tiktok Shop 

Tingkat Partisipasi Ramadan: 65%                                             

Dampak Kampanye Ramadan: 77%

Tokopedia

Tingkat Partisipasi Ramadan: 54%

Dampak Kampanye Ramadan: 60%

Lazada

Tingkat Partisipasi Ramadan: 35%        

Dampak Kampanye Ramadan: 48%

Tingginya total persentase partisipasi menunjukkan bahwa banyak UMKM & Brand  Lokal yang mengikuti lebih dari satu kampanye lintas platform secara bersamaan,  memaksimalkan peluang dari berbagai kanal yang tersedia. Namun demikian,  kampanye Shopee Big Ramadan Sale menjadi yang paling banyak diikuti oleh UMKM  & brand lokal dan dinilai paling memberikan dampak nyata terhadap penjualan  selama periode promosi berlangsung. 

Program Ekspor: Mendorong UMKM Menembus Pasar Global 

Di sisi lain, ekspansi ke pasar global masih menjadi tantangan bagi UMKM & Brand Lokal. Keterbatasan logistik, minimnya pemahaman terhadap pasar luar negeri, serta kurangnya pendampingan. Oleh karena itu, program ekspor yang diusung para  pemain e-commerce kini turut menjadi medan persaingan yang tak kalah mencuri  perhatian. 

Sumber: