Platform E-Commerce Ini Paling Dipilih UMKM dan Brand Lokal, Riset IPSOS 2025 Ungkap Faktanya!
ilustrasi online shopping.(pixabay)--
Shopee
Tingkat Partisipasi Ramadan: 94%
Dampak Kampanye Ramadan: 93%
Tiktok Shop
Tingkat Partisipasi Ramadan: 65%
Dampak Kampanye Ramadan: 77%
Tokopedia
Tingkat Partisipasi Ramadan: 54%
Dampak Kampanye Ramadan: 60%
Lazada
Tingkat Partisipasi Ramadan: 35%
Dampak Kampanye Ramadan: 48%
Tingginya total persentase partisipasi menunjukkan bahwa banyak UMKM & Brand Lokal yang mengikuti lebih dari satu kampanye lintas platform secara bersamaan, memaksimalkan peluang dari berbagai kanal yang tersedia. Namun demikian, kampanye Shopee Big Ramadan Sale menjadi yang paling banyak diikuti oleh UMKM & brand lokal dan dinilai paling memberikan dampak nyata terhadap penjualan selama periode promosi berlangsung.
Program Ekspor: Mendorong UMKM Menembus Pasar Global
Di sisi lain, ekspansi ke pasar global masih menjadi tantangan bagi UMKM & Brand Lokal. Keterbatasan logistik, minimnya pemahaman terhadap pasar luar negeri, serta kurangnya pendampingan. Oleh karena itu, program ekspor yang diusung para pemain e-commerce kini turut menjadi medan persaingan yang tak kalah mencuri perhatian.
Sumber:
