Banner Disway Award 2025

Platform E-Commerce Ini Paling Dipilih UMKM dan Brand Lokal, Riset IPSOS 2025 Ungkap Faktanya!

Platform E-Commerce Ini Paling Dipilih UMKM dan Brand Lokal, Riset IPSOS 2025 Ungkap Faktanya!

ilustrasi online shopping.(pixabay)--

Berdasarkan data, Shopee dianggap oleh mayoritas responden sebanyak  62%, sebagai e-commerce yang paling membantu UMKM menembus pasar global.  Diikuti pemain lainnya, Tokopedia (16%), TikTok Shop (15%), dan Lazada (6%).  Lebih dari itu, mayoritas UMKM dan brand lokal yang mengikuti program Shopee  Ekspor juga menyatakan dampak positif dari inisiatif tersebut terhadap  pertumbuhan bisnis. 

Dalam lanskap e-commerce yang semakin kompetitif, “Shopee dinilai sebagai platform paling berdampak bagi pertumbuhan UMKM dan brand lokal. Keunggulan mereka tidak hanya dalam fitur dan kampanye, tetapi juga dalam membangun ekosistem yang mendukung pertumbuhan berkelanjutan” Lanjut Andi

“Platform yang akan bertahan adalah mereka yang tidak hanya menyediakan etalase digital, tetapi membangun solusi, edukasi, dan ekspansi nyata,” kata Andi Sukma, Executive Director IPSOS Indonesia.(*)

 

Sumber: