Pascagempa, Seekor Kukang Masuk Permukiman Warga di Sarampad Cugenang Cianjur

Pascagempa, Seekor Kukang Masuk Permukiman Warga di Sarampad Cugenang Cianjur

KUKANG : Seekor Kukang diamankan usai masuk pemukiman warga pascagempa bumi.(istimewa)--

CIANJUR, CIANJUR EKSPRES - Seekor Kukang berhasil dievakuasi usai masuk ke pemukiman warga di Desa Sarampad, Kecamatan Cugenang, CIANJUR.

Diduga hewan dilindungi tersebut keluar dari habitatnya dan mendekati pemukiman pasca terjadi gempa berkekuatan 5,6 Magnitudo.

Jovand Imanuel Calvary, anggota Yayasan sintesia Animalia Indonesia menjelaskan jika keberadaan Kukang pertamakali ditemukan oleh warga. Temuan itupun langsung dilaporkan pada relawan dari Damkar Tangerang yang saat itu ada di sekitarnya Desa Sarampad.

BACA JUGA:Cerita Dibalik Longsor Akibat Gempa yang Menimbun Puluhan Rumah di Cianjur, Terdengar Teriakan Minta Tolong

"Jadi yang awal menemukan warga, kemudian diamankan oleh petugas Damkar Tangerang yang tengah jadi relawan di Desa Sarampad. Kemudian diamankan dan dimasukan dalam kandang kucing, karena saat itu tidak ada kandang lain," ungkap dia, Senin (12/12).

Setelah itu, Damkar menginformasikan temuan tersebut pada relawan pet lover yang tengah melakukan penanganan dan evakuasi hewan terdampak bencana di Cianjur.

"Begitu mendapatkan informasi, kita langsung datang bersama petugas dari Puskeswan Cianjur Utara untuk mengevakuasi hewan dilindungi tersebut," kata dia.

BACA JUGA:Kerancuan Data Klasifikasi Rumah Rusak Akibat Bencana Gempa di Cianjur Terus Bermunculan

Hewan primata yang dikenal dengan gerakannya yang lambat itupun langsung dibawa ke posko hewan di Puskesmas Cianjur Utara untuk diperiksa kondisi kesehatannya.

Petugas Puskeswan Cianjur Utara, Dadang Abdullah menjelaskan jika berdasarkan pemeriksaan kesehatan, Kukang yang diduga dari alam liar tersebut dalam keadaan sehat.

"Kukangnya sehat. Kita sudah laporkan ke BKSDA dan segera akan diserahkan," ucap dia.

BACA JUGA:Bupati Cianjur Kaget Ada 38 Desa Belum Serahkan Kembali Data Hasil Verifikasi Rumah Rusak ke BNPB

Sementara itu, Kepala Bidang Wilayah I BBKSDA Jawa Barat Lana Sari, mengatakan pihaknya sudah menurunkan tim untuk membawa hewan dilindungi tersebut. " Hari ini kita akan ambil mas, untuk dicek kesehatannya dan direhab sebelum dilepas lagi," kata dia.

Dia menyebut jika Gunung Gede Pangrango merupakan kawasan konservasi yang merupakan habitat berbagai jenis hewan, termasuk Kukang. Sehingga dimungkinkan ada Kukang yang masuk ke pemukiman di bawah kaki gunung gede.

Sumber: