Menopang Libur Nataru 2022, Tol Cisumdawu akan Dioperasikan Sampai Seksi 3 GTO Cimalaka

Menopang Libur Nataru 2022, Tol Cisumdawu akan Dioperasikan Sampai Seksi 3 GTO Cimalaka

Beberapa kendaraan melintas di depan pintu Tol Cisumdawu Sumedang Kota, kemarin. Rencananya, jalan Tol Cisumdawu akan dibuka hingga pintu Tol Cimalaka pada Oktober mendatang (KEGGA KEGGYAN/SUMEKS)--

SUMEDANG, CIANJUR EKSPRES - Guna menopang lalu lintas libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022-2023, Tol Cileunyi, Sumedang, Dawuan (Cisumdawu) akan di operasikan sampai dengan Seksi 3 atau GTO Cimalaka, Kabupaten Sumedang. 

Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Setyabudi pun meninjau langsung Tol Cisumdawu. Tujuannya untuk mengetahui potensi hambatan di jalan.  

BACA JUGA:Dinkes Cianjur Pastikan Pelayanan Cekas Tetap Berjalan, Khusus Daerah Terdampak Gempa Dilakukan Mobile

Dilansir dari radarcirebon.com, Irjen Firman mengatakan yang jadi soal adalahs etelah keluar dari GTO Cimalaka. Pasalnya dua kilometer setelahnya akan bertemu dengan persimpangan jalan yang padat aktivitas dan kendaraan. 

"Untuk Tol Cisumdawu tidak ada masalah. Konsekuensi dioperasionalkannya harus kita cek juga. Harus kita lihat juga," tutur Firman, dilansir dari press release Polres Sumedang, Selasa (13/12/2022). 

"Dua kilometer di depan ada pusat keramaian. Makanya nanti menjelang dioperasionalkan, kendaraan besar tidak lewat sini. Tapi keluar di pintu tol Sumedang Kota," sambungnya. 

BACA JUGA:PKS Cianjur Bangun Huntara Bagi Warga Terdampak Gempa, Total ada 12 Unit

Dengan dioperasikannya Tol Cisumdawu sampai dengan seksi 3, kendaraan memiliki 3 opsi untuk akses keluar. Yakni Cileunyi-Rancakalong, GTO Sumedang Kota dan GTO Cimalaka.

"Jalan tol ini untuk pekerjaan fisik tinggal sedikit lagi, tapi secara umum sudah boleh dikatakan sedkit lagi ya. Tinggal beberapa pekerjaan saja," ujar Firman. 

Ditegaskan Firman, ekses yang ditimbulkan dari jalan tol ini perlu diperhatikan. Apalagi rencananya uiji coba fungsional tersebut masih gratis.

BACA JUGA:Belum Ada Alat Berat, Warga Bersihkan Puing Bangunan Secara Manual

"Kalau banyak yang pakai, banyak yang memanfaatkan nanti, apalagi masih gratis karena operasi fungsional, tentu masyarakat akan menentukan pilihan-pilihannya," katanya.

Kakorlantas menambahkan, kepolisian akan berupaya semaksimal mungkin mengeliminasi kendala-kendala dan hambatan di lapangan.

Tentu saja patut ditunggu bila Tol Cisumdawu dioperasikan untuk libur Nataru 2022-2023, karena akan menjadi penopang akses masyarakat dari Cirebon ke Bandung maupun sebaliknya.

Sumber: