Produksi Gudang Ikan Asin di Cianjur Makin Berlimpah dengan Electrifying Marine

Produksi Gudang Ikan Asin di Cianjur Makin Berlimpah dengan Electrifying Marine

--

CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID,CIANJUR - Selain menjadi ikon pariwisata, sektor kelautan di wilayah Selatan Cianjur juga menyimpan potensi perikanan yang cukup besar. 

Kegiatan pengolahan hasil perikanan sebagai upaya untuk memperoleh nilai tambah dari bahan baku ikan pun sudah lama berjalan di Kabupaten Cianjur. 

Bentuk olahan ikan tersebut antara lain berupa pindang ikan, ikan asin, bakso ikan, abon dan nugget ikan. 

BACA JUGA:Kuasa Hukum Sebut Ema Sumarna Sudah Ajukan Pengunduran Diri dari Jabatan Sekda Kota Bandung

“PLN turut berkontribusi dalam mendukung sektor perikanan ini melalui program Electrifying Marine,” kata Manager PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Cianjur, Andre Pratama Djatmiko dalam keterangan tertulisnya. 

Lebih jauh Andre menjelaskan, bahwa Electrifying Marine merupakan layanan PLN untuk memudahkan pelanggan dalam memperoleh layanan listrik bagi kebutuhan penerangan kapal, mini coldstorage dan kebutuhan listrik lainnya pada lokasi dermaga, pelabuhan, kapal sandar, pangkalan pendaratan ikan (PPI) dan tempat pelelangan ikan (TPI) di seluruh Indonesia. 

“Dengan Electrifying Marine kami berharap usaha di sektor perikanan meningkat produktivitasnya seiring dengan biaya operasional yang lebih rendah dan waktu yang lebih efisien,” katanya. 

BACA JUGA:Kebutuhan Beras Aman Hingga Lebaran, Mentan Minta Masyarakat Tak Khawatir

Salah satu pelaku sektor perikanan di Cianjur yang akan merasakan manfaat program ini ialah gudang ikan asin milik Marlius Rustandi yang berlokasi di Warung Jambe, Kelurahan Solokpandan, Kecamatan Cianjur.

PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Cianjur Kota berhasil menyalakan listrik untuk gudang ikan asin tersebut dengan daya sebesar 33.000 VA, Senin 4 Maret 2024. 

Gudang itu sendiri memiliki kapasitas 200 ton ikan asin yang sudah siap jual. Pasar gudang ikan asin ini cukup luas, hampir sebagian besar pedagang di Cianjur bahkan sampai ke Bandung menjadi konsumen setia gudang tersebut. 

BACA JUGA:Presiden Jokowi Teken PP Soal THR dan Gaji ke-13 Aparatur Negara

“Gudang ini digunakan untuk freezer ikan asin yang nantinya akan didistribusikan ke penjual di daerah sekitar Cianjur dan Bandung,” kata Site Manager Gudang Cool Room, Aep di gudang ikan asin itu. 

Dia mengapresiasi pelayanan PLN yang baik dan cepat tanggap. Selain itu, realisasi pasang baru listriknya juga cepat. “Terima kasih PLN. Oke,” ujar Aep. 

Sumber: