Koalisi Perubahan akan Berlanjut di Pilkada Cianjur 2024 Masih Tanda Tanya

Koalisi Perubahan akan Berlanjut di Pilkada Cianjur 2024 Masih Tanda Tanya

Ilustrasi Pemilu 2024.(pixabay) --

CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID,CIANJUR - Pasca pemilihan presiden (pilpres), keberlanjutan kerjasama Koalisi Perubahan yang terdiri dari Partai NasDem, PKB dan PKS pada Pilkada Cianjur 2024 mendatang masih menjadi tanda tanya. 

DPD Partai NasDem Kabupaten Cianjur, menegaskan masih wait and see (melihat dan menunggu), sedangkan DPD Partai Keadilan Sejahtera Kabupaten Cianjur mengatakan bisa jadi bersama dan bisa jadi tidak. 

"Untuk arah koalisi tentu sifatnya masih wait and see, disamping memang tentu yang menentukan nanti adalah arahan dari DPP dan DPW," ujar Sekretaris DPD Partai NasDem Kabupaten, Rustam Effendi kepada Cianjur Ekspres, Minggu 17 Maret 2024. 

BACA JUGA:Herman Akui Beri Mandat ke Ibang untuk Maju di Pilkada Cianjur 2024

Menurutnya, koalisi di Pilkada akan sangat dipengaruhi dengan konstelasi pemilihan gubernur (pilgub). 

"Dimana pemilihan bupati dan gubernur waktunya bersamaan, dan tentunya ini akan saling mempengaruhi koalisi. Baik itu kabupaten mempengaruhi koalisi gubernur, begitupun sebaliknya," kata Rustam. 

Dia menilai, sepertinya porsi yang paling berpengaruh adalah koalisi pilgub akan sangat mempengaruhi koalisi pemilihan bupati. 

BACA JUGA:Herman Nilai Masuknya Cianjur dalam Kawasan Aglomerasi Jabodetabekjur Berikan Banyak Keuntungan

"Tentu kami masih menunggu dan mencermati, sambil juga terus menjalin silaturahmi dan komunikasi tidak hanya dengan partai koalisi pilpres. Sebetulnya dengan semua partai pun kita tetap menjaga menjalin komunikasi dan silaturahmi politik," tutur Rustam. 

Rustam pun mengatakan, harapan Partai NasDem Kabupaten Cianjur ada kader dari internal yang bisa dan diusung menjadi calon bupati ataupun calon wakil bupati. 

" Namun tentu di internal partai, kita mempunyai mekanisme tersendiri. Begitupun juga untuk mengusung pasangan atau bergabung dengan koalisi tentu ada mekanisme dan prosedur politik yang harus kita jalani dan kita jalankan," katanya. 

Sementara itu, Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera Kabupaten Cianjur, RK. Dadan Suryanegara, mengatakan, terkait partai politik yang tergabung dalam Koalisi Perubahan apakah bisa melanjutkan koalisi di Pilkada Cianjur 2024 bisa jadi bersama dan bisa juga tidak. 

"Bisa jadi bersama, bisa juga tidak, tergantung dari pembicaraan-pembicaraan," katanya kepada Cianjur Ekspres, Minggu 17 Maret 2024. 

Namun yang jelas, kata Dadan, sampai saat sekarang ini partai politik yang tergabung dalam Koalisi Perubahan di Cianjur belum ada pembicaraan ke arah sana. 

Sumber: