Tersapu Ombak, Wisatawan Asal Bandung Hilang di Pantai Cemara Cidaun Cianjur

Tersapu Ombak, Wisatawan Asal Bandung Hilang di Pantai Cemara Cidaun Cianjur

Korban selamat akibat tersapu ombak di Pantai Cemara dibawa ke Puskesmas Cidaun untuk mendapatkan pertolongan. (Foto Rikzan RA/CIANJUR EKSPRES)--

CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID,CIANJUR - Seorang wisatawan asal Kabupaten Bandung Radi Ramlan (18) dinyatakan hilang setelah tersapu ombak saat berenang bersama empat orang rekannya di Pantai Cemara, Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun, Rabu (17/4), sekitar pukul 07.30 WIB.

"Empat remaja itu merupakan warga Kecamatan Kutawaringan, Kabupaten Bandung yang sedang berwisata di Pantai Cemara. Dua orang sempat hanyut tapi satu berhasil selamat meskipun sempat pingsang dan satunya lagi belum ditemukan hingga saat ini," ungkap Kapolsek Cidaun AKP Munawir saat dihubungi Cianjur Ekspres, Rabu 17 April 2024.

Kapolsek mengungkapkan, kondisi Pantai Cemara saat kejadian sedang sepi pengunjung, pasalnya libur Lebaran 2024 sudah selesai dan pos pengamanan (pospam) di sekitar pantai ditiadakan sehingga Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) pun turut membubarkan diri.

BACA JUGA:Disbudpar Cianjur Sebut Kunjungan Wisatawan ke Kampung Budaya Padi Pandanwangi Sepi

"Selasa (16/4) malam itu kita masih jaga pospam, pada pukul 00.00 WIB pos Ketupat pun ditiadakan. Paginya kita dapat laporan ada wisatawan hanyut. Kalau kondisi pantai saat H+6 itu masih ramai dan masih ada Balawista yang memantau dan menyelamtkan wisatawan jika ada kejadian tenggelam, tapi tadi itu sudah sepi karena kan masa liburan sudah selesai," ungkapnya.

Kapolsek mengatakan, sejak menerima laporan, pihaknya langsung berkoordinasi dengan TNI, pemerintah, Balawista, Basarnas, dibantu oleh warga setempat untuk melakukan pencarian manual. 

"Sejak pagi kita dibantu oleh para nelayan untuk melakukan pencarian. Kita juga minta jika ada nelayan yang melaut dan menemukan jenazah korban untuk segera melapor. Karena kita tidak miliki perahu. Kita masih menunggu Basarnas, tadi dilaporkan masih dalam perjalanan ke lokasi," katanya.

BACA JUGA:Libur Lebaran 2024, Pengunjung Bandung Zoo Menurun

Sedangkan untuk korban selamat yakni Najwar (17) yang sempat pingsan dibawa ke Puskesmas Cidaun untuk mendapatkan pertolongan. Sementara dua orang lainnya yakni Hanhan (16) dan Fipki (17) menjadi saksi dalam kejadian tersebut.

Menurutnya Kapolsek, kasus tenggelam baru lagi terjadi di Pantai Cemara. Pasalnya selama libur Lebaran, segala aktivitas wisatawan di pantai diawasi oleh petugas kepolisian yang berpatroli juga Balawista.

"Baru kali ini lagi terjadi. Kita imbau untuk para wisatawan baik lokal maupun luar kota untuk memperhatikan cuaca saat akan berenang di pantai. Selain itu menggunakan alat keselamatan saat berenang agar kejadian serupa tak terjadi lagi," tandas Munawir.

Sumber: