Ujang Komarudin: Kehadiran Anies-Muhaimin ke KPU Tunjukkan Kedewasaan Politik

Ujang Komarudin: Kehadiran Anies-Muhaimin ke KPU Tunjukkan Kedewasaan Politik

Calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1, Anies Baswedan (kiri) bersama Muhaimin Iskandar (kanan) menghadiri rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden terpilih Pemilu 2024 di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), J--

CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID,JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komarudin mengatakan kehadiran Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) ke KPU saat penetapan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih periode 2024–2029 menunjukkan kedewasaan politik.

"Yang ditunjukkan oleh Anies dan Muhaimin walaupun pahit, tidak suka, tidak senang, tapi hadir dan mengakui kemenangan Prabowo-Gibran itu sesuatu sikap yang gentleman dari Anies dan Cak Imin, dan itu harus kita apresiasi sebagai bentuk kedewasaan politik dari Anies dan Cak Imin," kata Ujang di Jakarta, Rabu 24 April 2024.

Untuk itu, dia menilai kehadiran Anies-Muhaimin ke Kantor KPU meski kalah dalam Pilpres 2024 dapat menjadi teladan bagi masyarakat luas sebab mengajarkan nilai sportivitas.

BACA JUGA:Muhaimin Tegaskan Ingin Bekerja Sama dengan Prabowo

"Ini menjadi sesuatu yang positif, yang bagus, menjadi teladan bagi masyarakat bahwa walaupun kalah, hadir, dan ini menjunjung nilai-nilai sportivitas di kontestasi pilpres," ujarnya.

Sebaliknya, Ujang menilai absen-nya pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md ke KPU tidak dapat pula dilihat sebagai bentuk arah partai politik pengusung pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 itu akan menjadi oposisi dalam pemerintahan periode mendatang.

"Soal arah koalisi oposisi tidak, itu tidak bergantung Anies, Ganjar, atau Mahfud, tapi Pak Muhaimin masih mungkin karena yang menentukan arah koalisi partai, ketua partai," ucapnya.

BACA JUGA:Prabowo Usai Jadi Capres Terpilih Ucapkan Permohonan Maaf

Ujang pun memprediksi sejumlah partai politik yang positif akan merapat ke koalisi pemerintahan Prabowo-Gibran usai KPU menetapkan pemenang Pilpres 2024 di antaranya PPP, PKB, hingga NasDem

"PPP mungkin gabung pemerintahan, PKB sudah saya analisa jauh-jauh hari gabung pemerintahan dan kelihatannya akan gabung, NasDem juga akan gabung pemerintahan. PDIP masih 50:50 dan PKS juga 50:50," kata dia.

Sebelumnya, calon presiden dan calon wakil presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) tiba di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada pukul 10.03 WIB, Rabu, untuk menghadiri penetapan capres-cawapres terpilih hasil Pilpres 2024.

BACA JUGA:PAN Buka Penjaringan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Cianjur untuk Pilkada 2024

Sementara calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengatakan baru mendapatkan undangan KPU RI pada Rabu pagi, sementara ia sedang berada di Yogyakarta.

Calon wakil presiden Mahfud Md juga tidak hadir ke Kantor KPU RI saat penetapan calon presiden dan wakil presiden terpilih hasil Pilpres 2024 karena beralasan pemberitahuan undangan yang terlambat sampai.

KPU RI pada hari ini menetapkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih hasil Pilpres 2024 sesuai dengan Keputusan KPU Nomor 504 Tahun 2024.

Sumber: