Bangun Pesantren di Lapas, Pemkab Cianjur Raih Penghargaan dari Kemenkumham RI

Bangun Pesantren di Lapas, Pemkab Cianjur Raih Penghargaan dari Kemenkumham RI

Bupati Cianjur Herman Suherman terima penghargaan dari Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly. (Foto: ISTIMEWA)--

CIANJUREKSPRES.DISWAY,ID,CIANJUR - Pemerintah Kabupaten Cianjur raih penghargaan dari Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenhumham) atas bantuannya terhadap lapas.

Salah satunya membantu membangun pesantren yang dibangun di dalam lapas untuk pembinaan para warga binaan.

Penghargaan diserahkan langsung Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yassona H. Laoly kepada Bupati Cianjur Herman Suherman dalam kegiatan Upacara Peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-60 Tahun 2024 di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Senin a9 april 2024.

BACA JUGA:Maju di Pilkada Cianjur, Figur Muda Aa Fawa Usung Politik Santun

Bupati Cianjur Herman Suherman, mengatakan, penghargaan tersebut diberikan lantaran bantuan dan support yang diberikan Pemkab Cianjur terhadap lapas, salah satunya support keberadaan pesantren di dalam lapas yang merupakan pesantren lapas pertama di Indonesia.

"Tentu kami juga dengan senang hati akan terus memberikan support terhadap lapas, terlebih selaras dengan Cianjur yang dikenal dengan Kota Santri," ujarnya

Bupati menjelaskan, Lapas Cianjur memiliki banyak inovasi dalam pembinaan warga binaan. Diharapkan dengan beragam program pembinaan dan pelatihan keterampilan dapat menjadikan warga binaan lebih baik dan memiliki kemampuan lebih setelah bebas.

BACA JUGA:Pemkab Cianjur Kirim 41 Kontingen MTQ ke Bekasi, Hadiah Umroh Menanti

"Yang terbaru ada sanggar seni. Jadi memang diharapkan ketika warga binaan bebas, mereka bisa menjadi pribadi yang lebih baik, tidak mengulangi perbuatannya, dan dapat menyalurkan keterampilannya yang dilatih selama di dam lapas," jelasnya.

Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Lapas Cianjur Muarif, mengatakan Pemkab Cianjur selama ini telah banyak memberikan dukungan untuk pelaksanaan tugas dan fungsi pemasyarakatan.

"Kami tentunya berterimakasih kepada Pemkab yang selama ini sudah bersinergi dalam pelaksanaan fungsi dan tugas lembaga pemasyarakatan. Terlebih dukungan untuk lapas pasca gempa yang juga berdampak pada Lapas Cianjur," pungkasnya.

Sumber: