Jelang Keberangkatan, Kemenag Cianjur Imbau Calon Jemaah Haji Tak Bawa Banyak Pengantar

Jelang Keberangkatan, Kemenag Cianjur Imbau Calon Jemaah Haji Tak Bawa Banyak Pengantar

Tampak para calon Jemaah haji asal Cianjur Selatan mulai berdatangan ke Asrama Haji Kemenag Cianjur, Sabtu 11 Mei 2024.(Moch Nursidin/Cianjur Ekspres) --

CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID,CIANJUR - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Cianjur mengimbau para calon jemaah haji yang akan berangkat pada 13 Mei 2024 di Kloter JKS 07, agar tidak bawa banyak pengantar. Hal itu untuk mengurangi kepadatan kendaraan disekitar Asrama Haji.

Selain itu, Kemenag juga meminta maaf kepada pengguna jalan di sekitaran Kantor Kemenag dengan padatnya lalu lintas di hari pemberangkatan calon jemaah haji. Pengguna jalan juga diimbau untuk mencari jalan alternatif lain.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Cianjur, Rian Fauzi, mengatakan, pihaknya sebagai panitia penyelenggara perjalanan ibadah haji daerah telah mengimbau seluruh calon jemaah haji..

BACA JUGA:Bey Machmudin Sampaikan Duka Mendalam Atas Kecelakaan Bus di Subang

"Kami mengimbau kepada seluruh jemaah haji yang akan berangkat di kloter JKS 07 yang akan diberangkatkan pada Senin 13 Mei 2024, dikarenakan Senin itu hari kerja, kami mengimbau agar seluruh jemaah haji yang akan berangkat jangan terlalu banyak pengantar yang berlebihan untuk mengantar jemaah haji," kata dia kepada Cianjur Ekspres, Sabtu 11 Mei 2024.

Rian mengungkapkan, untuk mengurangi lalu lintas disekitar Asrama Haji Kemenag Cianjur, pihaknya menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya bagi seluruh masyarakat pengguna jalan yang akan melalui Jalan Raya Bandung, dari mulai kantor Dinas Pariwisata hingga terminal Rawa Bango.

"Karena pada Senin mendatang akan ada keberangkatan jemaah haji kloter JKS 07. Tentu kepadatan lalu lintas akan terjadi. Sehingga kami mengimbau kepada pengguna jalan pada hari itu agar mencari jalan alternatif, dikhawatirkan terjadi kemacetan," katanya.

BACA JUGA:Calon Jemaah Haji dari Wilayah Cianjur Selatan Mulai Berdatangan ke Asrama Haji

"Kami atas nama panitia sekali lagi menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pengguna jalan sekitar Jalan Raya Bandung, dikarenakan akan diberangkatkan jemaah haji, agar mencari jalan alternatif," sambungnya.

Rian menambahkan, pihaknya juga telah menyampaikan kepada kelompok bimbingan ibadah haji agar tidak membawa keluarga pengantar berlebihan, supaya tidak terjadi kemacetan di jalur tersebut.

"Kami dari panitia sudah melakukan rapat gabungan dengan dinas terkait seperti TNI-Polri, Dinas Perhubungan, Satpol-PP untuk pengamanan keberangkatan jemaah haji kloter JKS 07," katanya. 

"Terus kami juga mengimbau kepada kantor kantor pemerintahan di sekitar Jalan Raya Bandung agar memberikan tempat untuk parkir para pengantar jemaah haji," sambung Rian. 

Sumber: