Jemaah Haji Asal Kadupandak Cianjur Meninggal Dunia, Ini Penyebabnya

Jemaah Haji Asal Kadupandak Cianjur Meninggal Dunia, Ini Penyebabnya

Ilustrasi-Jemaah Asal Kabupaten Cianjur meninggal dunia saat hendak melaksanakan tahapan puncak ibadah haji 1445 Hijriah jelang rangkaian Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna). (Foto: pixabay)--

CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID - Jemaah Haji asal Desa Sindangsari, Kecamatan Kadupandak, Kabupaten Cianjur, Hobsiah bin Oim Okin (72) meninggal dunia saat akan melaksanakan tahapan puncak ibadah haji 1445 Hijriah yakni jelang rangkaian Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna).

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Cianjur, Rian Fauzi mengatakan jika Hobsiah meninggal karena penyakit jantung.

"Meninggal karena sakit. Saat akan berangkat Armuzna beliau alami syok kardiogenik dan sempat dirawat di RS Mecca Medical Center," kata Rian saat dikonfirmasi pada Kamis, 20 Juni 2024.

BACA JUGA:Kloter Ketiga Calon Jemaah Haji Cianjur Bertolak ke Asrama Haji Embarkasi Bekasi

Kata Rian, Hobsiah dua kali keluar masuk RS karena kondisinya tersebut. Terakhir, Hobsiah dirawat sejak Jumat, 14 Juni 2024 dan dinyatakan meninggal pada Rabu, 19 Juni 2024.

"Beliau sempat dirawat selama lima hari RS, dan meninggal kemarin," ujarnya.

Hobsiah diketahui melaksanakan ibadah haji bersama suaminya. Selain itu, Rian pun telah memberitahukan kabar duka tersebut pada keluarganya yang ada di Cianjur.

BACA JUGA:Bupati Cianjur Lepas Calon Jemaah Haji ASN

"Sudah diberitahukan pada keluarga. Selanjutnya Hobsiah pun dimakamkan di Pemakaman Soraya, tempat pemakaman umum bagi jemaah haji asal Indonesia yang meninggal di Mekah," tutur Rian.

Atas nama Kemenag Cianjur, Rian mengungkapkan bela sungkawa atas meninggalnya Hobsiah di Tanah Suci Mekah.

"Mudah-mudahan semua amal ibadahnya diterima Alloh SWT dan keluarga diberikan kesabaran dan kekuatan," ungkapnya.

BACA JUGA:Jelang Keberangkatan, Kemenag Cianjur Imbau Calon Jemaah Haji Tak Bawa Banyak Pengantar

Diketahui, Hobsiah berangkat bersama ratusan haji lainnya dari Kloter JKS 22 yang berangkat dari Asrama Haji Cianjur pada 21 Mei 2024 lalu.

Sumber: