KPU Cianjur Rekapitulasi Hasil PUSS dan PSU

KPU Cianjur Rekapitulasi Hasil PUSS dan PSU

KPU Kabupaten Cianjur melaksanakan rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara tingkat Kabupaten Cianjur dalam Pemilu 2024 pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) di Gedung Logistik KPU. (Foto: RIKZAN RA/CIANJUR EKSPRES)--

“Kalau sudah beres semua tahapannya, maka akan ada perubahan di SK KPU 360 yang dikeluarkan KPU RI. Kita belum tahu perubahannya seperti apa, kemungkinan akan berbentuk lampiran,” tutur Ridwan.

BACA JUGA:Serahkan Hasil Survei, NasDem Memanggil Balon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Cianjur Resmi Ditutup

Diketahui, ada tiga daerah di Jawa Barat yang harus melakukan amar putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Kota Bogor diwajibkan melakukan penyandingan, Kota Cirebon laksanakan PUSS di satu TPS, juga PSU di satu TPS, dan Kabupaten Cianjur yang lakukan PUSS di empat TPS dan PSU di satu TPS.

PUSS sendiri dilakukan pada Kamis, 27 Juni 2024 bertempat di Gudang Logistik KPU Kabupaten Cianjur, Desa Babakan Karet, Kecamata Cianjur. Sedangkan PSU dilaksanakan di TPS 15 tepatnya di MIS Hidayatul Falah, Kampung Cilemat, Desa Mentengsari, Kecamatan Cikalongkulon.

Hendry Juanda, Caleg DPRD Kabupaten Cianjur Dapil 3 dari Partai Gerindra memastikan dirinya akan memenangkan kursi setelah PUSS dan PSU berlangsung. Hendry, memperoleh 5.518 suara dari yang asalnya 5.499 suara.

BACA JUGA:Sekjen PDIP Hasto Mengaku Siap Dipanggil Kembali KPK

"Dari yang tadinya di posisi kedua dengan selisih 40 suara, setelah PUSS dan PSU saya unggul dengan selisih 118 suara. Saya bertambah 28 suara, rival saya turun jauh," kata Hendry saat ditemui.

Hendri menyebut ada ratusan surat suara di lima TPS yang dilakukan PUSS dan PSU. Kebanyakan karena coblos ganda. Pihaknya belum tahu apakah coblos ganda tersebut sama seperti yang terjadi di TPS 15 atau tidak.

"Jadi ada yang sudah dicoblos, lalu diduga dicoblos lagi, kita belum tahu oleh siapa. Tapi yang jelas gara-gara itu, hanya ada dua nama yang unggul di TPS  di Desa Mentengsari," ungkapnya.

 

Perhitungan Ulang Surat Suara (PUSS)

* TPS 12 218 suara: L 117 P 101 dari 276 DPT

* TPS 13 202 suara: L 100 P 102 dari 258 DPT

* TPS 14 196 suara: L 98 P 98 dari 252 DPT

* TPS 16 168 suara: L 83 P 85 dari 219 DPT

Sumber: