Seekor Kancil Jantan Masuk Pemukiman Warga di Mande

Seekor Kancil Jantan Masuk Pemukiman Warga di Mande

Seekor kancil marangsek masuk ke pemukiman warga di Kampung Mandesari RT02 RW03, Desa Kademangan, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur. (Foto: IST)--

CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID - Seekor kancil diperkirakan berumur 3 sampai 4 tahun merangsek masuk ke pemukiman warga di Kampung Mandesari RT02 RW03, Desa Kademangan, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur, Selasa 2 Juli 2024.

Saat ini kancil jantan itu dititipkan oleh anggota Polsek Mande ke penangkaran di Pertanian Vedca, Desa Bobojong, Kecamatan Mande.

Kapolsek Mande Iptu Dadeng membenarkan adanya seekor kancil jantan yang masuk ke pemukiman dan menghebohkan warga tersebut. 

BACA JUGA:Dishut Jabar Buka Camping Ground Terbesar di Cianjur

"Itu ada kancil apa rusa masuk ke perkampungan warga, terus sama warga diamankan. Kejadian jam setengah 10 pagi," katanya kepada Cianjur Ekspres, Selasa 2 Juli 2024.

Kapolsek memperkirakan seekor kancil itu berasal dari hutan yang nyasar ke pemukiman warga akibat hujan tadi malam. Waktu diamankan, terdapat beberapa luka di tubuhnya dan langsung diamankan ke Vedca untuk keselamatan dan keamanan hewan itu sendiri.

"Tadi tidak merusak fasilitas karena sempat diamankan. Saat ini dititipkan sementara di Vedca, kebetulan Vedca punya penangkaran rusa," ujarnya.

BACA JUGA:Artis Ibukota Meriahkan Perhelatan Sunset di Kebun

Terpisah, Petugas Keamanan Vedca, Muhamad Teguh Satria, membenarkan bahwa pihaknya telah kedatangan seekor kancil yang diantar oleh anggota Polsek Mande dan warga untuk dititipkan di penangkaran Vedca.

"Di media sosial disebut rusa, itu bukan rusa, itu kancil karena berbeda. Ciri-ciri khususnya memiliki kaki panjang di belakang, berwarna hitam dan ukuran lebih kecil dari ukuran umum rusa," jelasnya kepada Cianjur Ekspres.

Teguh mengatakan, saat seekor kancil diantarkan ke Vedca, kondisi tubuh kancil sudah terdapat sejumlah luka seperti dari anus mengeluarkan banyak darah dan terlihat stres.

BACA JUGA:Serangan Siber di PDNS 2 Tidak Berimbas ke Pemkab Cianjur

"Makanya nanti akan dititipkan di departemen pertanian dekat kandang rusa, terpisah dengan rusa untuk menghindari pertarungan antara dua ras berbeda," katanya.

Menurutnya, seekor kancil yang masuk ke permukiman warga tersebut kemungkinan merupakan hewan liar atau peliharaan orang lain yang lepas, karena di Vedca tidak ada penangkaran kancil.

Sumber: