Kemendikbudristek Komitmen Beri Ruang Kreativitas Anak Bangsa

Kemendikbudristek Komitmen Beri Ruang Kreativitas Anak Bangsa

Eko Pece (dua dari kiri) memberikan keterangan kepada wartawan di Solo, Jawa Tengah, Rabu (10/8/2024). (Foto: ANTARA)--

CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) berkomitmen memberikan ruang kreativitas bagi anak bangsa melalui pelaksanaan Festival Pasca-Penciptaan 2024.

Direktur Perfilman, Musik, dan Media Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek Ahmad Mahendra di Solo, Jawa Tengah, Rabu mengatakan salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memberikan dukungan pada pelaksanaan Festival Pasca-Penciptaan 2024 yang akan diselenggarakan oleh Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.

Menurut dia, kolaborasi dengan para pelaku seni terus dibangun agar semangat dan inspirasi berkarya tidak pupus.

BACA JUGA:Disdikpora Cianjur Akui Pengawasan PIP Lemah

"Dukungan dan jalinan kerja sama antara Kemendikbudristek dengan pemangku kepentingan seni pun terus dijaga keberlanjutannya. Tujuannya untuk memperkuat ekosistem kesenian di tanah air," katanya.

Ia mengatakan Festival Pasca-Penciptaan 2024 yang akan dilaksanakan pada 12-14 Juli di Kampus ISI dan Pura Mangkunegaran tersebut merupakan media bagi para seniman ISI untuk menghasilkan karya yang mengutamakan nilai-nilai budaya nusantara.

Ia mengatakan banyak ruang dari suatu karya seni yang dapat dijadikan nilai pengetahuan yang bermanfaat ke masyarakat.

BACA JUGA:Rektor Unair Batalkan Pemberhentian Prof Bus Sebagai Dekan FK

"Melalui kegiatan kali ini, ISI Surakarta telah mengeksplorasi nilai besar sebuah budaya masyarakat nusantara," katanya.

Ia berharap berbagai karya yang nanti dihasilkan dari Festival Pasca-Penciptaan 2024 menjadi salah satu penguat kemajuan budaya dan seni Indonesia.

"Festival ini juga menjadi ekosistem budaya yang kohesif di ISI Surakarta dalam menjaga tradisi melahirkan seniman-seniman hebat," katanya.

BACA JUGA:Disdik Jabar Keluarkan SE Mekanisme Pengisian CPD pada Satuan Pendidikan yang Kuotanya Tidak Terpenuhi

Rektor ISI Surakarta I Nyoman Sukerna mengatakan festival tersebut merupakan ajang kolaborasi, sinergi, dan komunikasi publik untuk menyampaikan kepada masyarakat bahwa pihaknya telah melaksanakan tri dharma perguruan tinggi dalam konteks dan kerangka praktik berkesenian sebagai basis dan tujuan penciptaan.

"Institusi ini telah banyak menghasilkan lulusan yang berwawasan global dengan mengutamakan nilai budaya nusantara lewat karya diciptakannya," katanya.

Salah satu panitia Eko Supriyanto atau akrab disapa Eko Pece mengatakan beberapa kegiatan yang menjadi rangkaian acara salah satunya delapan seni pertunjukan.

BACA JUGA:Bey Machmudin: Sekolah Vokasi Variabel Penting Tingkatkan Kemampuan SDM

"Selain itu akan ada exhibition dan performance art ada empat. Karya film ada tiga dan showbrain ada enam," katanya.

Untuk Festival Pasca-Penciptaan 2024 secara khusus diinisasi oleh program Pascasarjana ISI dengan mengusung tema 60 Tahun ISI Solo: Transformasi dan Jati Diri untuk Kejayaan Negeri.

"Oleh karena itu, nantinya pada acara ini akan dipamerkan sejumlah karya seni terbaik mahasiswa pascasarjana ISI ke hadapan publik," katanya.

Sumber: antara