Mayoritas SD Negeri di Sukaresmi Cianjur Menerima Siswa Baru

Mayoritas SD Negeri di Sukaresmi Cianjur Menerima Siswa Baru

Sejumlah siswa SD Negeri Karangpakuan Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, sedang main perosotan di depan sekolah. (Foto: DEDE SANDI MULYADI/CIANJUR EKSPRES)--

CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID - Koordinator Pendidikan Wilayah Kecamatan Sukaresmi menyebutkan pihaknya tidak menemukan sekolah dasar (SD) yang berada di lingkungannya kekurangan siswa baru pada tahun ajaran baru 2024/2025. 

"Belum ada informasi atau data secara resmi dari para kepala sekolah yang melaporkan (kekurangan siswa baru)," kata Kordinator Pendidikan (Kordik) Wilayah Kecamatan Sukaresmi, Kamal, kepada Cianjur Ekspres, beberapa waktu lalu.

Kamal menuturkan, berdasarkan informasi tidak resmi, rata-rata sekolah yang berada di lingkungan Kordik Sukaresmi menerima siswa baru dengan jumlah hampir sama dengan tahun sebelumnya.

BACA JUGA:Kejari Cianjur Sosialisasikan Dampak Negatif Kenakalan Remaja di SMKN 1 Cipanas

"Rata-rata (jumlah siswa baru) sama dengan jumlah siswa yang keluar, misalkan ketika sekolah mengeluarkan 20 siswa, masuk 20 siswa. Kalaupun berkurang, persentasenya sangat sedikit," tuturnya.

Menurut Kordik, perbandingan jumlah siswa yang keluar pada tahun ajaran 2023/2024 dengan penerimaan siswa baru tahun ajaran 2024/2025 tidak mengalami perbedaan, bahkan cenderung naik.

"(Perbedaannya) tidak jomplang, bahkan naik walaupun angka kenaikannya tidak signifikan," ujarnya.

BACA JUGA:Bupati Sebut MAN 2 Cianjur Luar Biasa dan Jadi Sekolah Percontohan

"Seperti yang dialami SD Negeri Karangpakuan, siswa yang keluar pada tahun ajaran kemarin sebanyak 57 siswa, sekarang yang masuk mencapai 106 siswa, karena kebetulan masih ada ruangan yang kosong," kata Kamal.

Berdasarkan data, Kordik Sukaresmi setiap tahun menerima siswa baru mencapai 1500 hingga 1600 orang yang tersebar di 39 SD negeri dan swasta.

Sumber: