Komitmen Cegah Narkoba, Desa Palasari Cianjur Diganjar Penghargaan Desa Bersinar dari BNN

Komitmen Cegah Narkoba, Desa Palasari Cianjur Diganjar Penghargaan Desa Bersinar dari BNN

Pemerintah Desa Palasari, Kecamatan Cipanas, menerima penghargaan dari BNN Kabupaten Cianjur sebagai desa bebas dari narkoba (Desa Bersinar). (Foto: DEDE SANDI MULYADI/CIANJUR EKSPRES)--

CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Cianjur menyerahkan penghargaan tingkat nasional terhadap Desa Palasari, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jumat 2 Agustus 2024.

Penghargaan terkait pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN) diberikan langsung Kepala BNNK Cianjur, Affan Eko Budi Santoso kepada Kepala Desa Palasari Muhamad Ridwan. 

"Desa Palasari merupakan salah satu desa di Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, yang aktif dalam kegiatan P4GN dalam program Desa Bersinar (bersih dari narkoba)," kata Affan kepada wartawan, Jumat 2 Agustus 2024.

BACA JUGA:Gandeng BNNK, Pegawai Kejari Cianjur di Tes Urin Dadakan

Affan menjelaskan, Desa Palasari merupakan satu-satunya desa di Kabupaten Cianjur yang mendapatkan penghargaan. "Kalau di level Provinsi Jawa Barat, ada dua desa yang menerima penghargaan, yakni Desa Palasari dan satunya lagi desa di Kabupaten Bogor," jelasnya.

Menurut Affan, program Desa Bersinar sebenarnya merupakan kewajiban seluruh desa di Indonesia, karena desa merupakan unit terkecil pemerintahan yang memang perlu dilakukan langkah-langkah intervensi. 

"Kami dari BNN memerlukan bantuan desa dari seluruh wilayah di Indonesia khususnya di Kabupaten Cianjur, karena narkoba sudah masuk ke desa-desa, sehingga tanpa perangkat desa dan warga desa, sulit bagi kami untuk bekerja secara optimal guna meningkatkan ketahanan diri, keluarga dan anak-anak kita," ujar Affan.

BACA JUGA:Diselundupkan Dalam Kardus Dibalut Lakban, BNNK Cianjur Amankan Empat Kilogram Ganja

Kepala Desa Palasari, Muhamad Ridwan, mengaku bersyukur Desa Palasari mendapatkan penghargaan sebagai Desa Bersinar atau desa bersih dari narkoba dari BNN. 

"Kami mengucapkan terima kasih kepada semua stakeholder atas partisipasinya dalam mensukseskan program Desa Bersinar. Semoga dengan adanya penghargaan ini, Desa Palasari terus menjadi desa yang bersinar (bersih dari narkoba)," ungkapnya.

 

Sumber: