Bupati Cianjur Lepas Siswa Pertukaran Pelajar SMP Yachimata Jepang

Bupati Cianjur Lepas Siswa Pertukaran Pelajar SMP Yachimata Jepang

Delapan siswa SMP Yachimata Jepang foto bersama Bupati Cianjur, Herman Suherman, di Pendopo Pemkab Cianjur. (Foto: MOCH NURSIDIN/CIANJUR EKSPRES)--

CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID - Bupati Cianjur, Herman Suherman, melepas delapan orang siswa SMP Yachimata Jepang yang telah selesai mengikuti program pertukaran pelajar di Kabupaten Cianjur, di  Pendopo, Senin (5/80), untuk kembali ke Jepang. 

Kabid SMP Disdikpora Cianjur Helmi Halimudin, mengungkapkan,  para pelajar SMP Yachimata Jepang mengaku nyaman selama mengikuti program pertukaran pelajar di Cianjur.

"Alhamdulilah, mereka mengaku nyaman selama berada di Cianjur. Mereka juga mengungkapkan akan mengimplementasikan hasil dari kunjungannya di Cianjur ke sekolahnya di Jepang nanti," kata Helmi kepada wartawan, Selasa 6 Agustus 2024.

BACA JUGA:Siswa SMP Yachimata Jepang Kunjungi SMPN 1 Cianjur

"Bahkan ada diantara mereka yang tidak ingin pulang, ada yang masih betah di Cianjur. Hanya saja, di awal mereka terlihat shock kultur dengan keadaan lalulintas jalan di kita yang beda seperti di Jepang," sambung Helmi.

Helmi menyebut, respon para siswa SMP Yachimata selama mengikuti berbagai kegiatan di Cianjur sangat bagus. "Kemarin mereka juga berkunjung ke Gunung Padang, dan merasa takjub akan prasasti Gunung Padang," ujarnya.

Helmi berharap pada tahun 2025 nanti pihaknya bisa memberangkatkan kepala sekolah ke Jepang sebagai kunjungan balasan sekaligus mengambil contoh bagaimana dengan karakter SMP di Jepang.

BACA JUGA:Minat Sekolah di Madrasah Meningkat, Kakan Kemenag Cianjur: Prioritaskan Kualitas Ketimbang Kuantitas

"Saya berharap dari hasil kerja sama ini pihak dari Jepang bisa melihat nilai-nilai budaya di Kabupaten Cianjur, yang hingga ini masih bisa mempertahankan nilai budaya melalui pelajaran ekskul," pungkasnya.

Sumber: